ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KERETA API KAITANNYA DEGAN PENDAPATAN OPERASIONAL (Studi Kasus Pada PT. Kereta Api Persero DAOP IX Jember)

Evi Tri Darmaningtyas

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IX Jember dengan judul ?Analisis Biaya Operasional Kereta Api Kaitannya dengan Pendapatan Operasional?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan biaya operasional tiap tahun kaitannya dengan pendapatan operasional apabila dilihat dari tahun dasar 1999 dan perbandingan tahun ke tahun.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data laporan laba rugi tahun 1999 sampai dengan tahun 2004, dan pembahasannya hanya dibatasi pada biaya dan pendapatan operasional kereta api di DAOP IX Jember.
Analisis data yang dilakukan adalah dengan menghitung perubahan besarnya pendapatan dan biaya operasional tiap tahun. Penulis membandingkan antara perubahan dilihat dari tahun dasar 1999 dan perubahan apabila dilihat dari tahun ke tahun. Perbandingan tersebut dilihat dari selisihnya dalam bentuk prosentase perubahan.
Hasil perhitungan tersebut adalah terdapat perubahan pada jumlah pendapatan operasional selama tahun 1999 sampai dengan tahun 2004. jumlah pendapatan operasional tersebut lebih cenderung mengalami penurunan. Penurunan yang terbesar adalah pada tahun 2003 yaitu sebesar 6,4%. Kenaikan pendapatan operasional yang tertinggi yaitu pada tahun 2001 yaitu sebesar 161,4%. Pada biaya operasional juga terjadi perubahan yaitu peningkatan jumlah biaya operasional tertinggi pada tahun 2003 sebesar 198,49%.
Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa perubahn jumlah pendapatan operasional kereta api berbanding terbalik dengan jumlah biaya operasionalnya. Jumlah pendapatan operasional kereta api ini lebih cenderung mengalami penurunan tiap tahunnya, sedangkan biaya operasionalnya tiap tahun lebih cenderung mengalami peningkatan, sehingga kerugian yang diderita tiap tahun terus meningkat.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT. KAI DAOP IX Jember dapat menggunakan dana anggarannya lebih efisien, dan berani dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan volume penumpang agar pendapatannya dapat meningkat.

 

Keyword : ANALISA; KERETA API; PENDAPATAN OPERASIONAL

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-evitridarm-5109-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


ANALISA; KERETA API; PENDAPATAN OPERASIONAL