PENGARUH PEMILIHAN METODE DEPRESIASI AKTIVA TETAP TERHADAP RETURN ON INVESTMENT (ROI) PERUSAHAAN YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA

Nur Diana

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian empiris pada perusahaan yang listing di Bursa Efek Jakarta, dengan judul: ?Pengaruh Pemilihan Metode Depresiasi Aktiva Tetap Terhadap Return On Investment (ROI) Perusahaan Yang Listing Di Bursa Efek Jakarta?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh pemilihan metode depresiasi aktiva tetap terhadap Return On Investment (ROI) perusahaan yang listing di Bursa Efek Jakarta.
Dalam penelitian ini, hipotesis yang diambil penulis yaitu: bahwa diduga terdapat pengaruh pemilihan metode depresiasi aktiva tetap terhadap Return On Investment (ROI) perusahaan yang listing di Bursa Efek Jakarta.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemilihan metode depresiasi aktiva tetap terhadap Return On Investment (ROI) perusahaan yang listing di Bursa Efek Jakarta menggunakan Korelasi Nonparametric Kendall-Spearman.
Dari hasil uji Korelasi Nonparametrik tau_b Kendall menunjukkan angka sebesar -0,118, hal ini menunjukkan jika ROI naik 1% maka kecenderungan metode garis lurus yang dipilih menjadi perhitungan metode depresiasi aktiva tetap.
Dari hasil analisis tampak bahwa nilai pro.>alpha (0.270>0.05), hal ini menunjukkan bahwa tidak signifikan Ho diterima dan Ha ditolak. Ini berarti tidak ada hubungan dan pengaruh antara pemilihan metode depresiasi aktiva tetap dengan ROI perusahaan yang listing di BEJ.
Dari hasil uji Korelasi Nonparametrik rho Spearman menunjukkan angka sebesar -0,144, hal ini menunjukkan jika ROI naik 1% maka kecenderungan metode garis lurus yang dipilih menjadi perhitungan metode depresiasi aktiva tetap.
Dari hasil analisis tampak bahwa nilai pro.>alpha (0.274>0.05), hal ini menunjukkan bahwa tidak signifikan Ho diterima dan Ha ditolak. Ini berarti tidak ada hubungan dan pengaruh antara pemilihan metode depresiasi aktiva tetap dengan ROI perusahaan yang listing di BEJ.
Dari hasil analisis data penulis menyimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara ROI dengan pemilihan metode depresiasi aktiva tetap. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini tidak terbukti, hal ini disebabkan oleh obyek dan tahun penelitian yang berbeda, bidang penelitian sosial yang dipengaruhi oleh kondisi dalam penelitian dan faktor-faktor lain di luar fokus penelitian, seperti: penjualan perusahaan, kebijakan pemerintah dalam hal perpajakan dan total aktiva yang dimiliki perusahaan.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa penelitian di bidang ini terus dilakukan dengan menambah variabel dependen (ROI) dengan rasio keuangan lain, misalnya dengan rasio likuiditas, rasio leverage, dan rasio aktivitas dan perusahaan yang diteliti diperluas dengan perusahaan yang listing di Bursa Efek Surabaya.

 

Keyword : METODE DEPRESIASI AKTIVA

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-nurdiana00-5110-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


METODE DEPRESIASI AKTIVA