MODEL IMPLEMENTASI AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN DALAM KERANGKA EFISIENSI BIAYA PRODUKSI DI PT. PUPUK KUJANG (Persero) CIKAMPEK

Ilham Nugraha

Abstract


Penelitian berjenis studi kasus ini mengambil judul ?Model Implementasi Akuntansi Manajemen Lingkungan Dalam Kerangka Efisiensi Biaya Produksi Di PT. Pupuk Kujang (Persero) Cikampek?.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh sebuah model implementasi akuntansi manajemen lingkungan yang dapat diintegrasikan ke dalam sistem akuntansi manajemen yang telah diterapkan oleh PT. Pupuk Kujang (Persero) Cikampek, dalam kaitannya dengan usaha meningkatkan efisiensi biaya produksi. Diharapkan model yang ditawarkan ini dapat menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan manufaktur lain di Indonesia.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yang diperoleh melalui cara dokumentasi dan wawancara. Analisis dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan framework akuntansi manajemen lingkungan, dengan menitikberatkan kepada efisiensi biaya produksi, dengan tujuan membantu pihak manajemen perusahaan mengetahui pencapaian efisiensi dan inefisiensi yang terjadi sepanjang tahun 2004 di PT. Pupuk Kujang (Persero) Cikampek. Framework yang digunakan kemudian diekstraksikan menjadi sebuah sistem akuntansi manajemen lingkungan yang dapat diintegrasikan dengan sistem akuntansi manajemen yang telah diterapkan di PT. Pupuk Kujang (Persero) Cikampek.
Dari hasil analisis yang dilakukan diketahui berdasarkan pendekatan efisiensi pemakaian material, telah terjadi inefisiensi pemakaian bahan baku berupa gas alam senilai Rp. 14.513.573.268,1 dan inefisiensi pemakaian air sebesar Rp. 72.299.788,09 sepanjang tahun 2004. Untuk bahan baku-bahan baku lainnya peneliti tidak berhasil menghitung besarnya efisiensi dan inefisiensi yang terjadi disebabkan keterbatasan data. Sementara analisis efisiensi proses tidak berhasil dilakukan karena berbagai anomali dalam data yang peneliti peroleh dan keterbatasan data. Selain itu peneliti juga menyertakan berbagai masukan, yang didasarkan atas temuan di lapangan, bila PT. Pupuk Kujang (Persero) Cikampek berkeinginan untuk menerapkan dan mengimplementasikan sistem akuntansi manajemen lingkungan secara total.
Sebagai output akhir dari penelitian ini, peneliti menyusun sebuah sistem akuntansi manajemen lingkungan yang dapat diintegrasikan langsung ke dalam sistem akuntansi manajemen yang telah diterapkan di PT. Pupuk Kujang (Persero) Cikampek, dengan tujuan untuk mengoptimalkan efisiensi dalam kerangka biaya produksi yang ditanggung.

 

Keyword : Efisiensi; Akuntansi Manajemen Lingkungan; Mass Balance

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-ilhamnugra-5111-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Efisiensi; Akuntansi Manajemen Lingkungan; Mass Balance