ANALISIS PENGARUH RETURN ON INVESTMENT (ROI), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) TERHADAP RETURN SAHAM

FOURNIAWAN FOURNIAWAN

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat explanatory research yaitu jenis penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel yang disertai langkah pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisa untuk menguji hipotesis. Penelitian ini mengambil judul ?Analisis Pengaruh Return On Investment (ROI), Return On Equity (ROE), dan Economic Value Added (EVA) terhadap Return Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Jakarta)?. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahun 2002-2003.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara ROI, ROE, EVA terhadap Return Saham dan untuk menganalisis variable yang paling berpengaruh signifikan terhadap Return Saham.
Berdasarkan latar belakang, landasan penelitian terdahulu, dan landasan teori penulis mengambil empat hipotesis yaitu ROI, ROE, dan EVA berpengaruh signifikan terhadap Return Saham, ROI berpengaruh signifikan terhadap Return Saham, ROE berpengaruh signifikan terhadap Return Saham, dan EVA berpengaruh signifikan terhadap Return Saham.
Teknik analisa yang digunakan dengan analisis regresi berganda, uji asumsi kalsik, koefisien determinasi (R2), dan pengujian hipotesisnya dilakukan dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, dari uji asumsi klasik menunjukkan tidak terjadi autokolerasi, multikolinearitas, heterokedasitas, dan berdistribusi normal. Dilihat dari koefisien determinasi angka Adjusted R Square sebesar 0.016, artinya Return Saham dapat ditentukan atau dijelaskan oleh ROI, ROE, dan EVA sebesar 1.6% dan sisanya sebesar 98.4% dijelaskan oleh variabel-variabel lain. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan dengan uji F terlihat bahwa ROI, ROE, dan EVA berpengaruh tidak signifikan terhadap Return Saham dengan F hitung (1.153) lebih kecil dari F tabel (2.93). Apabila diuji secara parsial dengan uji t terlihat bahwa ROI berpengaruh tidak signifikan terhadap Return Saham dengan t hitung (1.623) lebih kecil dari t tabel (1.699), ROE berpengaruh tidak signifikan terhadap Return Saham dengan t hitung (0.959) lebih kecil dari t tabel (1.699), dan EVA berpengaruh tidak signifikan terhadap Return Saham dengan t hitung (0.265) lebih kecil dari t tabel (1.699).
Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa ROI, ROE, dan EVA secara simultan maupun secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Return saham.

 

Keyword : ROI; ROE; EVA; Return Saham

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-fourniawan-5112-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


ROI; ROE; EVA; Return Saham