ANALISIS AKTIVITAS SOSIAL PERUSAHAAN DAN PELAPORANNYA DALAM LAPORAN KEUANGAN STUDI KASUS PADA PT. SEMEN GRESIK

DENI AGUSTINA

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskripsi-studi kasus yaitu penelitian yang menggambarkan, memaparkan, permasalahan pada objek yang diteliti kemudian dipecahkan berdasarkan konsep ilmiah yang diterima secara umum. Dengan mengambil judul ? ANALISIS AKTIVITAS SOSIAL PERUSAHAAN DAN PELAPORANNYA DALAM LAPORAN KEUANGAN STUDI KASUS PADA PT. SEMEN GRESIK Tbk. (Persero)?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kegiatan-kegiatan sosial yang telah dilakukan oleh perusahaan terkait dengan biaya sosial yang dikeluarkan untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan, mengkaji pengakuan dan pengukuran serta bentuk pelaporan dari biaya sosial dalam laporan keuangan.
Alat analisis yang digunakan untuk mengkaji kegiatan sosial yang telah dilakukan oleh perusahaan dengan mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai aktivitas sosial, menghitung biaya sosial pada saat terjadinya, biaya sosial yang berkaitan dengan perolehan aktiva akan dikapitalisasikan untuk aktiva tetap disusutkan tiap tahun berdasarkan metode garis lurus. Sedangkan untuk mengkaji pengakuan, pengukuran serta pelaporan biaya sosial dalam laporan keuangan adalah menganalisis pengakuan dan pengukuran serta pelaporannya biaya sosial dan mencari solusi dengan melihat laporan keuangan berdasarkan SAK.
Hasil penelitian bentuk aktivitas sosial perusahaan dapat dikelompokkan menjadi 4 (empat) yaitu aktivitas sosial terhadap pegawai, masyarakat, lingkungan dan produk. Biaya sosial yang dikeluarkan perusahaan sebagian besar kepada karyawan, masyarakat, produk dan lingkungan. Perlakuan biaya sosial untuk pegawai dan masyarakat diakui pada saat terjadinya sebagai komponen biaya administrasi dan umum, dicatat sebesar biaya yang dikeluarkan perusahaan. Biaya sosial yang berkaitan dengan lingkungan dan produk diakui pada saat terjadinya kegiatan tersebut sebagai komponen biaya produksi dan diukur sebesar biaya yang dikeluarkan perusahaan. Untuk biaya sarana dan prasarana sosial yang berupa aktiva penangkal debu, biaya tersebut dikapitalisasikan untuk diakui sebagai aktiva tetap perusahaan dan disusutkan tiap tahun menurut umur ekonomis. Perusahaan tidak memiliki kebijakan untuk mengungkapkan aktivitas sosialnya (tanggung jawab sosial) sehingga hal ini aktivitas sosial tidak nampak dalam informasi laporan keungan utama perusahaan, akibatnya para pemakai informasi keuangan tidak mengetahui berbagai aktivitas sosial perusahaan yang telah dilakukan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis menyarankan bahwa sebaiknya perusahaan mulai mempertimbangkan untuk melaporkan biaya sosial yang telah dikeluarkan sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan kedalam format pelaporan yang khusus sebagai laporan tambahan.

 

Keyword : Aktivitas Sosial dan Laporan Keuangan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-deniagusti-5114-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Aktivitas Sosial dan Laporan Keuangan