ANALISIS DAN DESAIN SISTEM AKUNTANSI PADA KOPERASI MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

NUR YULIANA

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat studi kasus pada Koperasi Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang (KOPMA-UMM), yang bergerak dibidang usaha jual beli buku dan mini market. Judul dari penelitian ini adalah ?Analisis dan Desain Sistem Akuntansi pada Koperasi Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang?. Penelitian dilakukan bertujuan untuk membantu pengurus KOPMA-UMM memecahkan masalahnya dalam menyusunan laporan keuangan sebagai sarana laporan pertanggungjawaban pengurus.
Laporan keuangan sebagai hasil dari suatu sistem akuntansi perlu di desain sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat menginformasikan seluruh kondisi yang ada di KOPMA-UMM. Tujuan tersebut dicapai dengan melakukan dua tahap diantaranya: 1) Menganalisis sistem akuntansi yang sedang berjalan, teknik analisis yang digunakan ialah teknik analisis dengan pendekatan statistik deskriptif. Tujuan analisis ini adalah untuk mengetahui apakah sistem akuntansi di KOPMA-UMM sudah efektif, 2) Mendesain sistem akuntansi yang tepat untuk KOPMA-UMM. Tahapan ini dilakukan setelah diketahui bahwa sistem akuntansi pada KOPMA-UMM tidak efektif. Sebagai tindak lanjut desain sistem akuntansi tersebut dalam penelitian ini disertakan buku panduan manual untuk mempermudah dalam mengaplikasikannya sehingga hasilnya dapat lebih maksimal.
Penelitian rinci ditemukan bahwa sistem akuntansi pada KOPMA-UMM masih belum efektif dan masih sederhana. Hal ini didukung oleh ketidaksesuaian antara hasil analisis deskriptif dari questionnaire yang terkumpul dimana angka lebih banyak ditunjukkan pada angka 2 yang berarti sistem yang sedang berjalan sudah efektif namun berdasarkan pada tanya jawab yang bersifat konfirmasi dengan pengurus menyatakan bahwa pengurus sedang menghadapi masalah dalam penyusunan laporan keuangan. Berdasrkan hal tersebut penelitian lebih terinci dilakukan dengan menggunakan pendekatan analisis sistem. Tujuannya ialah untuk mengetahui masalah inti yang dihadapi.
Berdasarkan hasil penelitian rinci tersebut menyatakan bahwa sistem akuntansi yang sedang berjalan masih belum efektif maka, dalam penelitian ini peneliti merekomendasikan desain sistem akuntansi yang tepat sehingga masalah yang dihadapi dapat terpecahkan. Desain sistem akuntansi yang dibuat oleh peneliti meliputi desain prosedur-prosedur transaksi, desain struktur kepengurusan dan job describtion, desain laporan keuangan, desain rekening dan kode rekening, desain siklus pencatatan dan laporan, serta desain dokumen-dokumen yang ada di KOPMA-UMM. Setelah desain sistem akuntansi tersusun langkah selanjutnya adalah membuat buku panduan manual sistem akuntansi KOPMA-UMM yang baru.

 

Keyword : ANALISIS; SISTEM AKUNTANSI; KOPERASI MAHASISWA

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-nuryuliana-5116-PENDAHUL-+.pdf


Keywords


ANALISIS; SISTEM AKUNTANSI; KOPERASI MAHASISWA