ANALISIS KELAYAKAN PENAMBAHAN MESIN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI PADA PT. INDUSTRI KULIT "SURYA" MAGETAN

Reni Fandri Ani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus pada perusahaan kulit PT. Industri Kulit ?SURYA? Magetan dengan judul ?Analisis Kelayakan Penambahan Mesin Untuk Meningkatkan Produksi Pada PT. Industri Kulit ?SURYA? Magetan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah usaha penambahan mesin-mesin baru untuk meningkatkan produksi pada PT. Industri Kulit ?SURYA? Magetan layak dilaksanakan atau tidak.
Metode analisis data yang digunakan untuk menentukan apakah usulan investasi layak atau tidak dilaksanakan oleh perusahaan adalah: Pertama, analisa pasar dengan menganalisa terhadap pertumbuhan permintaan dan proyeksi serta menentukan jumlah produk yang harus diproduksi oleh perusahaan. Kedua, analisa keuangan dengan mengunakan metode Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Profitability Index (PI) dan Average Rate of Return (ARR).
Hasil analisa pasar menunjukkan bahwa tingkat produksi dari tahun ke tahun tidak dapat mengikuti laju perkembangan permintaan yang semakin meningkat. Dengan kata lain tingkat permintaan pasar akan produk terus mengalami peningkatan. Melihat perkembangan tersebut, maka penambahan mesin untuk meningkatkan produksi layak untuk dilaksanakan. Sedangkan hasil analisa keuangan yang digunakan yaitu metode Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Profitability Index (PI), dan Average Rate of Return (ARR) menunjukkan bahwa investasi yang dilakukan melalui penambahan mesin untuk meningkatkan produksi layak untuk dilaksanakan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, perusahaan diharapkan segera merealisasikan rencana penambahan mesin baru dalam rangka melaksanakan proses produksi, sehingga dapat diharapkan tingkat produksi mampu memenuhi tingkat permintaan yang dari tahun ke tahun semakin meningkat.

 

Keyword : ANALISIS KELAYAKAN PENAMBAHAN MESIN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-renifandri-5122-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


ANALISIS KELAYAKAN PENAMBAHAN MESIN