ANALISIS PERBEDAAN PENGAKUAN PENDAPATAN DAN BIAYA ATAS LAPORAN KEUANGAN KOMERSIAL DENGAN LAPORAN KEUANGAN FISKAL (Studi Kasus pada PT. Alfindo Jaya,Jakarta)

Novi Nurchotimah

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Perusahaan dagang PT. Alfindo Jaya dengan Judul ?Analisis Perbedaan Pengakuan Pendapatan dan Biaya atas Laporan Keuangan Komersial dengan Laporan Keuangan Fiskal pada PT. Alfindo Jaya di Jakarta?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penghasilan dan biaya apa saja yang menyebabkan adanya perbedaan pengakuan menurut laporan keuangan komersial dengan fiskal; dan untuk mengetahui besarnya pajak penghasilan yang dibayar perusahaan menurut laporan komersial dan laporan fiskal.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan identifikasi penghasilan yang sesuai menurut SAK dan Undang-undang Pajak Penghasilan nomor 17 tahun 2000; melakukan identifikasi biaya yang sesuai menurut SAK dan Undang-undang Pajak Penghasilan nomor 17 tahun 2000; menganalisis penyusutan sesuai peraturan perpajakan; melakukan rekonsiliasi fiskal pada laporan keuangan; kemudian menyajikan laporan laba rugi fiskal.
Hasil dari penelitian ini adalah saldo rugi bersih perusahaan menurut komersial sebesar Rp. 116.667.135,00 sedangkan menurut fiskal adalah sebesar Rp. 100.085.224,625 sehingga terjadi selisih sebesar Rp. 16.581.910,375 dan pajak penghasilan yang didapat setelah diadakan koreksi fiskal mengalami perubahan dari Rp. 17.500.140,5 pada laporan laba rugi komersial menjadi Rp. 12.525.567,39 pada laporan laba rugi fiskal, sehingga terdapat selisih sebesar Rp. 4.974.573,11.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa yang menyebabkan terjadinya perbedaan pengakuan pendapatan dan biaya dapat dikategorikan dalam perbedaan tetap dan perbedaan waktu. Yang termasuk dalam perbedaan tetap pada PT. Alfindo Jaya adalah penghasilan partisipasi GO, biaya perjalanan dinas, biaya sumbangan, biaya pakaian seragam. Dan biaya yang termasuk dalam perbedaan waktu adalah biaya penyusutan aktiva tetap. Sedangkan rugi bersih perusahaan menurut komersial lebih besar daripada menurut fiskal dan pajak penghasilan yang dibayarkan perusahaan menurut komersial juga lebih besar daripada menurut fiskal.

 

Keyword : ANALISIS; PENDAPATAN DAN BIAYA

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-novinurcho-5123-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


ANALISIS; PENDAPATAN DAN BIAYA