PENGARUH DIVIDEND PAYOUT RATIO (DPR), LEVERAGE RATIO (LR) DAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BURSA EFEK JAKARTA

SHELLY LUSINTA H.

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta dengan Judul ?Pengaruh Dividend Payout Ratio (DPR), Leverage Ratio (LR) dan Return On Investment (ROI) Terhadap Harga Saham?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah di dalam pasar modal memang ada pengaruh Dividend Payout Ratio (DPR), Leverage Ratio (LR) dan Return On Investment (ROI) terhadap harga saham serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan mempengaruhi harga saham.
Dalam penelitian ini penulis mengambil hipotesis, yaitu ada pengaruh dividend payout ratio (DPR), leverage ratio (LR), return on investment (ROI) secara signifikan terhadap harga saham.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui apakah DPR, LR,dan ROI mempunyai pengaruh terhadap harga saham menggunakan analisa regresi berganda, persamaan tersebut harus dapat memenuhi beberapa asumsi dasar, yaitu tidak terjadi gejala multikolinieritas, heteroskedasitas dan autokorelasi serta memenuhi asumsi kenormalan residual. Kemudian untuk menguji pengaruh variabel bebas (b1, b2 dan b3) terhadap Y dilakukan dengan uji-t. Hipotesis diuji dengan menggunakan α = 0,05 (convidence interval 95%), df = n-2, kemudian membandingkan t hitung dengan t tabel, dengan kriteria : Jika t hitung < t tabel, maka H0 diterima. Ini berarti koefisien regresi yang diuji tidak signifikan. Jika t hitung > t tabel, maka H0 ditolak. Ini berarti koefisien regresi yang diuji signifikan. Kemudian untuk mengetahui pengaruh seluruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan uji?F, yaitu dengan kriteria apabila F hitung > F tabel, maka secara bersama-sama ada pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Apabila F hitung < F tabel, maka secara bersama-sama tidak ada pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.
Berdasarkan hasil uji asumsi klasik diketahui bahwa variabel DPR, LR dan ROI bebas multikolinieritas, heteroskedasitas dan autokorelasi serta memenuhi asumsi kenormalan residual, sedangkan dari uji-F diketahui bahwa ketiga variabel bebas (DPR, LR, ROI) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham, dikarenakan F hitung > F tabel ; 7.677 > 2.74. Sedangkan untuk uji-t diketahui bahwa variabel X1 (DPR) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham dikarenakan t hitung < t tabel ; 0.530 < 2.000 yang berarti H0 diterima pada variabel DPR, sedangkan LR juga tidak berpengaruh secara signifikan dikarenakan t hitung < t tabel ; 1.280 < 2.000 yang berarti H0 diterima, dan pada ROI mempunyai pengaruh yang signifikan karena t hitung > t tabel ; 4.755 > 2.000 maka H0 ditolak.
Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa dari ketiga variabel (DPR, LR, dan ROI), dua variabel diantaranya (DPR dan LR) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Tidak signifikannya pengaruh kedua variabel tersebut bisa dikarenakan investor dalam mengambil keputusan untuk menjual atau membeli saham lebih memperhitungkan besarnya jumlah permintaan atas suatu saham tersebut.

 

Keyword : DIVIDEND PAYOUT RATIO (DPR); LEVERAGE RATIORETURN ON INVESTMENT (ROI); SAHAM

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-shellylusi-5124-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


DIVIDEND PAYOUT RATIO (DPR); LEVERAGE RATIORETURN ON INVESTMENT (ROI); SAHAM