ANALISIS KEPUTUSAN AKUISISI TERHADAP PERUBAHAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

Wiwin Suningsih

Abstract


Penelitian ini adalah studi empiris pada perusahaan manufaktur dengan judul :?analisis keputusan akuisisi terhadap perubahan kinerja keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek jakarta?. Tujuan Penelitian memberikan bukti empiris mengenai kinerja keuangan perusahaan dan perbedaan kinerja keuangan perusahaan manufaktur sebelum dan setelah akuisisi yang tercermin dari rasio keuangan pada saat sebelum dan setelah akuisisi.
Dalam penelitian ini, hipotesis yang diajukan oleh penulis adalah ada perbedaan kinerja keuangan perusahaan akuisitor pada saat sebelum dan sesudah akuisisi. Metode yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur kinerja perusahaan menggunakan rasio keuangan. Rasio keuangan yang digunakan meliputi rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas, dan rasio profitabilitas. Rasio-rasio ini selanjutnya diuji dengan uji statistik non parametrik yaitu wilcoxon signed rank test untuk menguji perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi.
Hasil analisis adalah menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi mengalami peningkatan yang tercermin dari statistik descriptif dan terdapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi meskipun ada beberapa rasio keuangan yaitu debt to total asset, total asset turn over dan profitabilitas menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kinerja keuangan antara sebelum akuisisi dan sesudah akuisisi.
Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi mengalami peningkatan dan terdapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi. Dan Hasil penelitian ini memberikan masukan bagi pihak ? pihak yang berkepentingan terhadap kinerja perusahaan terutama para pelaku bisnis dalam mengambil keputusan terutama yang menyangkut keputusan merger atau akuisisi.

 

Keyword : ANALISIS; KEUANGAN PERUSAHAAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-wiwinsunin-5125-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


ANALISIS; KEUANGAN PERUSAHAAN