APLIKASI CAMEL UNTUK MENGUKUR TINGKAT KESEHATAN BANK GO-PUBLIK PENERIMA BLBI

Bety Setya Dewi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (pencarian fakta dari suatu fenomena) pada bank swasta go- publik penerima BLBI, dengan judul ?Aplikasi CAMEL Untuk Mengukur Tingkat Kesehatan Bank Go-Publik Penerima BLBI?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menditeksi kategori tingkat kesehatan bank setelah penerimaan BLBI selama tujuh tahun periode akuntansi, pada PT. BCA dan PT. Danamon.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui dan menditeksi kategori tingkat kesehatan bank tersebut menggunakan analisis CAMEL (Capital, Asset Quality, Management, Earning, Liquidity) yang diatur dalam SE BI NO. 30/2/UPPB/tgl 30/4/1997 junto SE NO.30/UPPB/tgl 19/3/1998. Tetapi pada aspek asset kualiti yang diukur melalui perhitungan KAP I dan KAP II diproksikan dengan RORA, sedangkan manajemen yang semula melalui 100 pertanyaan tentang manajemen umum dan manajemen resiko diproksikan dengan NPM.
Hasil perhitungan dengan menggunakan kelima rasio tersebut menunjukkan bahwa PT. BCA dan PT. Danamon selama tujuh tahun memiliki kinerja yang berubah - ubah dari tahun ketahun sejak dikucurkannya BLBI. Dimana sebelumnya bank mengalami kesulitan Likuiditas karena penarikan dana besar- besaran pada tahun 1997 hingga awal tahun 1998 yang menyebabkan bank mendapat kucuran dana BLBI akhirnya pada tujuh tahun periode pasca penerimaan BLBI terlihat bahwa bank mempunyai kecukupan Likuiditas yang terbukti dari hasil perhitungan Likuiditas 2.
Dari hasil analisis tersebut, dapat diketahui bahwa PT. Danamon memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik dari pada PT. BCA. Karena pada tujuh tahun perhitungan diketahui bahwa PT. Danamon selama 5 tahun bank dalam kondisi sehat, sedangkan PT. BCA hanya 3 tahun yang masuk dalam kategori sehat.

 

Keyword : APLIKASI CAMEL; BANK

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-betysetyad-5127-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


APLIKASI CAMEL; BANK