PERBANDINGAN DEPOSITO DAN TABUNGAN DITINJAU DARI ASPEK LIKUIDITAS DALAM MENGUKUR KINERJA BANK (Studi Kasus Pada BPR Gunung Ringgit, Dinoyo Malang)

Ambar Wahyu Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. BPR Gunung Ringgit Dinoyo Malang dengan judul ?Perbandingan Deposito dan Tabungan Ditinjau Dari aspek Likuiditas Dalam Mengukur Kinerja Bank?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat Banking Ratio atau Loan Deposit Rationya (LDR) dalam mengukur kesehatan bank, serta kontribusi deposito dan tabungan sebagai simpanan terhadap tingkat likuiditas yang telah dicapai. Hasil analisis tersebut, menunjukan bahwa pada tahun 2000 sampai dengan 2004 PT. BPR Gunung Ringgit dalam kondisi yang tidak sehat. Karena, berada di bawah standar ketetapan Bank Indonesia (BI). Adapun standar Banking Ratio atau LDR yang ditetapkan sebesar 85%-110%.
Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT. BPR Gunung Ringgit harus lebih selektif dalam rangka penyaluran kredit ke masyarakat, sehingga dapat mengurangi terjadinya kredit macet. Selain itu juga penghimpunan dana khususnya deposito karena dapat digunakan sebagai dana pemberian kredit atau investasi jangka pendek oleh bank tersebut.

 

Keyword : Deposito; Tabungan; Likuiditas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-ambarwahyu-5130-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Deposito; Tabungan; Likuiditas