EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU DALAM MENUNJANG TERCAPAINYA TUJUAN PENGENDALIAN INTERN (Studi Kasus pada CV. Sumber Setia di Probolinggo)

Aisyah Kustianingsih

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Perusahaan Kulit CV Sumber Setia dengan Judul ? Evaluasi Sistem Akuntansi Persediaan Bahan Baku dalam Menunjang Tercapainya Tujuan Pengendalian Intern (Studi kasus Pada CV Sumber Setia Probolinggo) ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari penerapan sistem akuntansi persediaan bahan baku pada perusahaan dan Untuk mengetahui fungsi sistem akuntansi sebagai unsur dari pengendalian intern dalam menunjang tercapainya tujuan pengendalian intern.
Metode analisis yang digunakan adalah non statistik dengan mengevaluasi atribut yang melekat pada pengendalian akuntansi dan mengevaluasi sistem dan prosedur yang diterapkan perusahaan dengan menganalisis formulir yang digunakan dan sistem dan prosedur yang diterapkan perusahaan. Tahapan selanjutnya dengan mengevaluasi kelemahan sistem yang ada dan hubungannya dengan pencapaian tujuan pengendalian intern. Dan tahap terakhir adalah menginterpretasikan hasil evaluasi.
Hasil analisis yang dilakukan adalah terdapat tiga prosedur yang terkait dengan sistem akuntansi persediaan bahan baku yang diterapkan perusahaan yaitu transaksi pembelian bahan baku, pengeluaran uang dan prosedur permintaan dan pengeluaran barang gudang dan terdapat beberapa formulir yang belum disajikan sehubungan dengan sistem akuntansi persediaan bahan baku. Perusahaan juga belum menerapkan sistem penghitungan fisik persediaan yang akan berpengaruh pada pencapaian tujuan pengendalian intern.
Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Sistem akuntansi persediaan bahan baku yang diterapkan CV Sumber Setia sudah cukup memadai, hal ini dapat disimpulkan dari sistem akuntansi yang diterapkan sudah cukup jelas, namun belum menunjang pengendalian intern, hal ini karena perusahaan belum menerapkan sistem penghitungan fisik.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis menyarankan agar pihak perusahaan dapat mempertimbangkan untuk menerapkan sistem penghitungan fisik persediaan yang diusulkan, agar dapat menyajikan catatan keuangan yang andal (reliable). Dan agar secara kontinu merancang atau memperbarui sistem akuntansi yang diterapkan oleh perusahaan terutama sistem penghitungan bahan baku mengikuti perkembangan atau kebutuhan transaksi perusahaan.

 

Keyword : SISTEM AKUNTANSI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-aisyahkust-5131-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


SISTEM AKUNTANSI