PENGARUH DANA ALOKASI UMUM TERHADAP BELANJA DAERAH (PADA 30 KABUPATEN/KOTA PERINGKAT TERBAIK DALAM DAYA TARIK INVESTASI)

MURDIANA YENI UTAMI

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif pada 30 kab./kota peringkat terbaik dalam daya tarik investasi 2001. Dengan judul?Pengaruh Dana Alokasi Umum Terhadap Belanja Daerah (Studi Kasus Pada 30 kab./Kota peringkat terbaik dalam daya tarik investasi).
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Daerah. Pada penelitian kali ini, belanja daerah dibagi menjadi dua yaitu Belanja Rutin dan Belanja Pembangunan.Pengujian dilakukan dengan menggunakan regresi sederhana. Dengan dua model regresi yaitu regresi tanpa lag yang digunakan untuk menguji pengaruh variabel bebas (DAU) terhadap variabel terikat (Belanja Rutin dan Belanja Pembangunan) dan regresi dengan lag digunakan untuk menguji apakah variabel bebas dapat memprediksi variabel terikat.
Untuk menguji kebenaran hipotesis menggunakan dua tolak ukur yaitu uji t dan uji F. Dengan sarat tingkat probabilitas < 0,05 maka hipotesis tersebut diterima, tetapi bila > 0,05 maka hipotesis yang diajukan ditolak.
Hasil regresi sederhana menunjukan bahwa DAU berpengaruh signifikan positif terhadap Belanja Rutin dan Belanja Pembangunan, baik dilakukan regresi tanpa lag atau dengan lag. Apabila pengaruh DAU terhadap Belanja Rutin dan Belanja Pembangunan dibandingkan, Belanja Rutin lebih dominan daripada Belanja Pembangunan dengan atau tanpa lag.
Key words : Dana Alokasi Umum(DAU), Belanja Rutin(BR), Belanja Pembangunan(BP) dan pemerintah daerah.

 

Keyword : DANA ALOKASI UMUM; BELANJA DAERAH

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-murdianaye-5132-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


DANA ALOKASI UMUM; BELANJA DAERAH