PENENTUAN METODE PENGAKUAN PENDAPATAN DAN BEBAN PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE DALAM KAITANNYA DENGAN LABA PERIODIK

Wahyu Krismawarti

Abstract


Pelitian ini merupakan studi kasus pada Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional ( Perum Perumnas ) dengan Judul ?Penentuan Metode Pengakuan Pendapatan dan Beban pada Perusahaan Real Estate dalam Kaitannya dengan Laba Periodik?.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perusahaan dalam menentukan metode pengakuan pendapatan dan pengaruhnya terhadap laba periodik yang dihasilkan.
Adapun analisis yang digunakan adalah menghitung pendapatan yang diperoleh perusahaan dengan menggunakan metode persentase penyelesaiaan ataupun metode kontrak selesai, dengan demikian dapat ditentukan metode mana yang lebih sesuai.
Dari perhitungan kedua metode tersebut hasilnya dapat dibandingkan dan dapat diketahui bahwa pengakuan pendapatan dengan menggunakan metode persentase penyelesaian menghasilkan laba periodik yang relatif lebih kecil dibanding dengan mengakui pendapatan dengan menggunakan metode kontrak selesai.
Berdasarkan uraian diatas, penulis menyarankan agar perusahaan lebih memperkirakan adanya tambahan biaya yang digunakan dalam masa pemeliharaan proyek, penggunaan kedua metode disesuaikan dengan waktu penyelesaiaan, dan dalam mengukur prestasi perusahaan yang dicapai, perusahaan menggunakan metode cost to cost dan penentuan biaya sebaiknya didasarkan pada adanya Rencana Anggaran Biaya (RAB).

 

Keyword : PENDAPATAN DAN BEBAN; PERUSAHAAN REAL ESTATE,LABA PERIODIK

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-wahyukrism-5134-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


PENDAPATAN DAN BEBAN; PERUSAHAAN REAL ESTATE,LABA PERIODIK