ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA DAN KESEHATAN BANK PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk

Amiliya Irayanti

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk dengan judul ?Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Penilaian Kinerja dan Kesehatan Bank Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja dan kesehatan Bank Bank Rakyat Indonesia untuk periode tahun 2001 sampai tahun 2003, dilihat dari analisa rasio CAMEL.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara umum PT. Bank Rakyat Indonesia Indonesia (Persero) Tbk mempunyai nilai kredit yang maksimum. Pada aspek permodalan yang dinilai dengan rasio CAR selalu berada diatas batas minimum CAR yang ditentukan oleh Bank Indonesia yaitu sebesar 8%. Pada aspek kulitas aktiva produktif Bank BRI berupaya selektif dan meningkatkan kualitas aktiva produktifnya agar tidak masuk dalam kategori bermasalah. Pada aspek manajemen Bank BRI dapat mencapai skor mendekati skala maksimal. Hal ini membuktikan bahwa Bank BRI telah melaksanakan kebijaksanaan standar sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia dan melaksanakan praktik perbankan yang sehat. Pada aspek rentabilitas Bank BRI memiliki kemampuan untuk meningkatkan laba dan kinerjanya. Pada aspek likuiditas menunjukkan bahwa pendanaan Bank BRI tidak tergantung pada Bank lain.
Dari hasil perhitungan aspek CAMEL keseluruhan dapat dikatakan bahwa secara umum kinerja dan kesehatan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam kondisi sehat. Hal ini dapat dilihat dari nilai total kredit dari tahun 2001 sebesar 91,72, tahun 2002 sebesar 92,23,dan tahun 2003 sebesar 94,35.

 

Keyword : ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-amiliyaira-5136-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


ANALISIS LAPORAN KEUANGAN