EFEKTIFITAS PENYALURAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG KEDIRI

BINTI NAIRUL ULFAH

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kediri dengan judul ? Efektifitas Penyaluran Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kediri ?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan penyaluran pembiayaan mudharabah dan untuk mengetahui efektifitas penyaluran pembiayaan mudharabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Kediri.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui penerapan penyaluran pembiayaan mudharabah dan efektifitas penyaluran pembiayaan mudharabah melalui dokumentasi dan wawancara dengan indikator (a) penyaluran pembiayaan yang sesuai target atau diatas target (b) tujuan penggunaan pembiayaan oleh nasabah yang sesuai tujuan dalam perjanjian (d) tingkat pengembalian sesuai jangka waktu.
Dari hasil wawancara dengan pihak bank dalam penyaluran pembiayaan sudah mencapai 20 milyar diatas target sebesar 10 milyar, untuk pembiayaan mudharabah penyalurannya sudah mencapai 2 milyar diatas target sebesar 1 milyar sedangkan dari hasil wawanacara dengan nasabah yang pembiayaan mudhrabah penggunaan dana sesuai dengan tujuan penggunaan pembiayaan dalam perjanjian pihak bank dan nasabah, selain itu juga pembiayaan yang bermasalah sebesar 0 . Dari struktur organisasi masih terdapat perangkapan jabatan di unit Analisis Officer (AO) dirangkap sebagai Marketing Officer (MO).
Berdasarkan kesimpulan diatas peneliti menyimpulkan bahwa dalam penyaluran pembiayaan mudharabah Bank Syariah Mandiri Cabang Kediri cukup efektif terbukti dari penyaluran pembiayaan mudharabah yang diatas target, penggunaan pembiayaan mudharabah sesuai tujuannya dan tidak terdapat pembiayaan yang bermasalah.

 

Keyword : PEMBIAYAAN MUDHARABAH; BANK SYARIAH MANDIRI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-bintinairu-5142-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


PEMBIAYAAN MUDHARABAH; BANK SYARIAH MANDIRI