ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN PERSEDIAAN OBAT PADA RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH LAMONGAN

Tanti Yurianah

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Rumah Sakit Muhamadiyah Lamongan dengan judul ? Analisis Sistem Informasi Akutansi Sebagai Alat Pengendalian Persediaan Obat Pada Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem informasi akuntansi yang digunakan sebagai alat pengendalian persediaan obat di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil hipotesis yaitu bahwa sistem informasi akuntansi dapat digunakan sebagai alat pengendalian persediaan obat.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi sebagai alat pengendalian persediaan obat adalah dengan menggunakan analisis antara lain : Struktur organisasi, sistem wewenang atau otorisasi dan prosedur pencatatan, praktek yang sehat, tingkat kecakapan pegawai, prosedur pembelian obat,Prosedur penerimaan obat, prosedur pengeluaran obat, dan prosedur pencatatan obat.
Dari hasil penelitian, permasalahan yang ada pada Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan adalah sistem pengendalian intern yang kurang baik. Hal ini disebabkan kurang terpenuhinya elemen-elemen SPI yang baik, dimana masih ada perangkapan fungsi pada bagian penerimaan dan pengeluaran persediaan obat hal tersebut dilakukan oleh satu orang yaitu penangung jawab logistik. Sistem wewenang berupa tanda tangan persetujuan yang berwenang dalam hal penerimaan dan pengeluaran persediaan obat kurang memadai.
Berdasarkan kesimpulan diatas, peneliti dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan menambah tenaga kerja dibagian logistik bagian penerimaan berbeda dengan bagian pengeluaran atas persediaan obat.
Sistem wewenang untuk NPB (Nota Pesanan Barang) harus mendapt persetujuan atau tanda tangan dari kepala unit farmasi dan keuangan untuk mendapatkan keapsahan dokumen atau formulir tersebut hal ini diharapkan dapat tercipta sistem pengendalian intern yang baik.

 

Keyword : SISTEM INFORMASI; ALAT PENGENDALIAN; RUMAH SAKIT

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-tantiyuria-5144-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


SISTEM INFORMASI; ALAT PENGENDALIAN; RUMAH SAKIT