SISTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BPR GUNUNG RINGGIT DINOYO MALANG

Nunuk Chusnul Hayati Purwaningtyas

Abstract


Penelitian ini adalah studi kasus pada PT. BPR Gunung Ringgit Dinoyo Malang dengan ? SISTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT PADA PT BPR GUNUNG RINGGIT DINOYO MALANG ?. Diadakannya penelitian ini dengan maksud untuk mengetahui bagaimana prosedur dan faktor-faktor apa yang digunakan oleh PT. BPR Gunung Ringgit Dinoyo Malang dalam memberikan kreditnya pada nasabah yang sesuai dan bermanfaat.
Dalam penyusunan skripsi ini, metode dan teknik yang digunakan oleh penulis adalah:
1. Field Research
Dalam metode ini, penulis secara langsung mengadakan penelitian yaitu pada PT. BPR Gunung Ringgit Dinoyo Malang. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi melalui wawancara.
2. Penelitian Kepustakaan
Dalam metode ini penulis melakukannya dengan mempelajari literatur-literatur yang berkaitan dengan masalah yang penulis bahas.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa PT. BPR Gunung Ringgit sangat memperhatikan prosedur pemberian kredit yang tidak membebani nasabahnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya proedur yang sesuai dengan proedur perkreditan umum yang terdiri dari persyaratan-persyaratan kredit, permohonan kredit, melakukan survey penganalisaan kredit.
Adapun faktor-faktor pemberian kredit nasabah pada PT. BPR Gunung Ringgit menggunakan analisa 5C yang terdiri dari Charakter (watak), Capacity (kemampuan), Capital (modal), Collateral (jaminan), dan Condition of Economy (kondisi ekonomi).

 

Keyword : SISTEM DAN PROSEDUR; KREDIT

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-nunukchusn-5146-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


SISTEM DAN PROSEDUR; KREDIT