ANALISIS LAPORAN ARUS KAS SEBAGAI SALAH SATU ALAT PENGUKUR KINERJA KEUANGAN UNTUK PERUSAHAAN SEMEN YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA

Dian Kurniawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan judul ?Analisis Laporan Arus Kas Sebagai Salah Satu Alat Pengukur Kinerja Keuangan Untuk Perusahaan Semen Yang Listing Di Bursa Efek Jakarta?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan berbasis pada laporan arus kas, selain itu juga untuk mengetahui sejauh mana kinerja atau prestasi perusahaan dalam mengalola kas dan setara kas.
Laporan arus kas merupakan laporan keuangan sebagai bagian dari laporan yang tidak terpisahkan dari setiap periode penyajian laporan keuangan serta mengisyaratkan bahwa laporan arus kas dapat digunakan sebagai alat pengukur kinerja perusahaan. Untuk mengukur kinerja keuangan dapat digunakan analisis rasio arus kas (cash flow ratios analysis) sebagai salah satu metode pembanding dari metode-metode lainnya.
Subyek penelitian adalah tiga perusahaan semen yang go-public yaitu PT Indocement Tunggal Prakasa, PT Semen Cibinong dan PT Semen Gresik, ketiganya menggunakan direct method dalam menyusun laporan arus kas. Data diambil dari fack book yang terdapat di Pasar Modal Indonesia (BEJ) untuk tahun 2000-2003. Metode analisis yang digunakan adalah analisis cash flow dengan delapan rasio terpilih, diantaranya adalah dividend payout, cash dividend coverage, debt coverage, depreciation-amortization impact, cash interes coverage, cash to sales, quality of income dan cash flow return on assets.
Secara umum, dari delapan rasio arus kas yang digunakan dan selama empat tahun periode pengamatan diketahui nilai tertinggi untuk masing-masing rasio sebagai berikut: dividend payout 21,83%, cash dividend coverage ~ (tak terhingga), cash debt coverage 0,358, depreciation?amortization impact 1504,89%, cash interest coverage ?tak terhingga (~)?, cash to sales 39,15%, quality of income 1,634%, dan cash flow return on assets 16,60%.
Kesimpulan umum yang didapatkan adalah bahwa dari ketiga perusahaan semen yang listing di Bursa Efek Jakarta, PT Indocement unggul untuk rasio arus kas cash interest coverage, cash to sales dan quality of income dan untuk PT Semen Cibinong unggul pada rasio arus kas cash dividend coverage dan depreciation-amortization impact sedang PT Semen Gresik unggul pada rasio dividend payout, debt coverage dan cash flow return on assets.

 

Keyword : ANALISIS; ARUS KAS; BURSA EFEK JAKARTA

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/104/jiptummpp-gdl-s1-2005-diankurnia-5159-PENDAHUL-N.pdf

Keywords


ANALISIS; ARUS KAS; BURSA EFEK JAKARTA