PENGARUH INFLASI DAN SUKU BUNGA TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA

FAKHRINA LELLY MUHARROMAH

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian empiris, skripsi ini berjudul: ?Pengaruh Inflasi dan Suku Bunga Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan yang Go Publik Di Bursa Efek Jakarta?. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi berganda, analisis uji f dan uji t.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah inflasi dan suku bunga berpengaruh signifikan terhadap harga saham dan untuk mengetahui variable manakah yang meempunyai pengaruh paling kuat terhadap harga saham.
Berdasarkan hasil regresi berganda nilai uji f diketahui bahwa tingkat signifikansi =0,040 dengan nilai α=0,05 maka (sign f<α)=(0,040<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama diterima. Berdasarkan hasil uji statistic (uji t) diketahui: (1) variable inflasi (X1) dengan nilai sign t=0,721, α=0,05 maka (sign t>α) (0,721>0,05) sehingga dikatakan tidak berpengaruh yang signifikan terhadap harga saham. (2) variable suku bunga (X2) dengan nilai sign t=0,113, α=0,05 maka (sign t>α) (0,113>0,05) sehingga dikatakan tidak berpengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Berarti secara parsial variable inflasi dan suku bunga tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham dan hipotesis kedua ditolak.

 

Keyword : Inflasi; Suku Bunga; Harga Saham

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/104/jiptummpp-gdl-s1-2005-fakhrinale-5161-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Inflasi; Suku Bunga; Harga Saham