ANALISIS EFEKTIFITAS PEMUNGUTAN PAJAK REKLAME DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA MALANG

Widiastuti Kirana Desi

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus tentang system pemungutan pajak reklame pada Dinas Pendapatan Daerah kota Malang, dengan judul: ? Analisis Efektifitas Pemungutan Pajak Reklame Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang ?.
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji sejauhmana efektifitas atas pemungutan pajak reklame dan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi penerimaan pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara kualitatif dengan langkah-langkah analisis data sebagai berikut: (1) Menganalisis pelaksanaan pemungutan pajak reklame yang terdiri dari; struktur organisasi, pembagian tugas, prosedur pemungutan, sarana dan fasilitas, serta kemampuan aparat. Analisis target dan realisasi pajak reklame. Analisis kontribusi pajak reklame terhadap Pendapatan asli daerah.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pemungutan pajak reklame yang dilaksanakan di Dinas Pendapatan Daerah kota Malang sudah berjalan dengan efektif. Hal ini dibuktikan dengan adanya realisasi penerimaan pajak reklame rata-rata dalam 4 (empat) tahun terakhir dari tahun anggaran 2000 sampai dengan 2003 telah melebihi target yang ditetapkan. Target penerimaanrata-rata tiap tahunnya mengalami kenaikan, sedangkan kontribusi pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah prosentasenya semakin meningkat. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Malang telah bekerja keras dalam melaksanakan pemungutan pajak reklame.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat memberikan saran bahwa sebaiknya Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang lebih meningkatkan upaya intensifikasi dan ekstensifikasi pajak guna menunjang dan menambah pendapatan daerah.

 

Keyword : ANALISIS; PAJAK REKLAME

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/104/jiptummpp-gdl-s1-2005-widiastuti-5163-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


ANALISIS; PAJAK REKLAME