SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP SISTEM DAN PROSEDUR PROSES PRODUKSI PADA PT INTI DAYA GUNA ANEKA WARNA MALANG

Joko Siswanto

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Perusahaan Cat PT Inti Daya Guna Aneka Warna Malang dengan judul ?Sistem Pengendalian Intern terhadap Sistem dan Prosedur Proses Produksi pada PT Inti Daya Aneka Warna Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji Sistem Pengendalian Intern proses produksi yang dilakukan oleh PT Inti Daya Guna Aneka Warna Malang, dan untuk mengkaji efektivitas Sistem Pengendalian Intern proses produksi pada PT Inti Daya Guna Aneka Warna Malang.
Langkah-langkah analisis yang dilakukan sehubungan dengan sistem pengendalian intern terhadap proses produksi yang diterapkan perusahaan adalah : analisa struktur organisasi perusahaan, analisa sistem dan prosedur proses produksi, analisa flowchart prosedur produksi, dan identifikasi masalah yang terjadi pada proses produksi. Adapun sistem dan prosedur produksi PT Inti Daya Guna Aneka Warna Malang terbagi atas : prosedur order produksi, prosedur pengembalian bahan baku, prosedur pencatatan jam kerja, dan prosedur produk selesai.
Hasil analisa struktur organisasi menyatakan bahwa struktur organisasi yang ada cukup efektif yang dibuktikan dengan adanya sistem divisi dalam operasional perusahaan yang bertujuan agar pekerjaan dapat selesai tepat pada waktunya. Sedangkan pada hasil analisa sistem dan prosedur produksi yang ada sudah mendukung terwujudnya sistem pengendalian intern yang efektif dan formulir yang yang digunakan dalam proses produksi sudah efektif dengan adanya nomor urut tercetak yang bertujuan menghindari pemalsuan dokumen/formulir. Dari hasil analisa diatas dapat dikatakan prosedur pengendalian proses produksi pada PT Inti Daya Aneka Warna Malang cukup efektif.
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka peneliti dapat menyarankan bahwa sebaiknya PT Inti Daya Guna Aneka Warna Malang melakukan rotasi jabatan pada karyawan untuk meningkatkan produktivitas, memberikan bonus sebagai perangsang kerja, pemeriksaan terhadap karyawan, adanya pemeriksaan terhadap kelebihan bahan baku agar tidak diselewengkan oleh karyawan, dan pengadaan training kerja untuk meningkatkan mutu karyawan.

 

Keyword : Sistem Pengendalian Intern; proses produksi; efektivitas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/104/jiptummpp-gdl-s1-2005-jokosiswan-5165-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Sistem Pengendalian Intern; proses produksi; efektivitas