ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI (Studi Pada Perusahaan Publik yang Listing Di Bursa Efek Jakarta)

ZAKIYAH MIFTAKHUL BAROROH

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian studi empiris dengan judul "Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Akuisisi".
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui adanya Perubahan kinerja keuangan perusahaan go publik sebelum dan sesudah akuisisi yang diukur dengan menggunakan analisis rasio kinerja keuangan yang terdiri dari rasio likuiditas, rasio solfabilitas, rasio aktivitas dan rasio profitabilitas.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t test dimana paired sample t test untuk data normal dan uji wilcoxon untuk data tidak normal, sedangkan metodee tolak ukur yang digunakan adalah metode pooling. Dasar pengambilan keputusan uji t test adalah (a) jika t hitung < t tabel maka Ho diterima, dan (b) jika t hitung > t tabel maka Ho ditolak. Tingkat signifikan ( ) adalah 5% dengan tingkat kepercayaan 95%.
Sumber data penelitian dengan menggunakan 20 sampel perusahaan yang go publik dan melakukan akuisisi pada periode 1999-2001, serta tersedia laporan keuangan perusahaan yang sudah diaudit pada periode 3 tahun sebelum dan sesudah akuisisi dengan mengambil data berupa laporan neraca dan laba rugi perusahaan.
Hasil hipotesis yang diperolah menunjukkan bahwa dari 9 rasio yang diteliti terdapat 3 rasio yang berpengaruh terhadap peristiwa akuisisi yaitu current ratio, quick ratio dan net profit margin. Dimana nilai t hitung current ratio (-3,144), quick ratio (-2,148) dan net profit margin (-2,209). Sedangkan rasio yang lain menunjukkan hasil t hitungnya kurang dari t tabel. Sehingga hipotesisi ditolak.
Saran dari peneliti adalah hendaknya bagi peneliti salanjutnya (1) menggunakan metode yang berbeda dalam menganalisisi kinerja keuangan, (2) sampel perusahaan berbeda (misalkan dengan perusahaan perbankan, jasa dll) karena teknik yang digunakan dalam menganalisis juga berbeda. Sedangkan bagi perusahaan (1) hendaknya perlu mempertimbangkan aspek ekonomi dan aspek non ekonomi, (2) perusahaan pengakuisisi hendaknya lebih cermat dalam memilih perusahaan target yang akan diakuisisi.

 

Keyword : ANALISIS; AKUISISI; BURSA EFEK JAKARTA

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/104/jiptummpp-gdl-s1-2005-zakiyahmif-5167-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


ANALISIS; AKUISISI; BURSA EFEK JAKARTA