ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS DAN RISIKO TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Farmasi yang Tercatat di BEJ)

Yuli Dwi Handayani

Abstract


Penelitian ini merupakan explanatory research pada Bursa Efek Jakarta dengan judul ?Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Risiko terhadap Return Saham (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Farmasi yang Tercatat di BEJ)?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas perusahaan yang diukur dengan menggunakan ROI, risiko perusahaan jangka pendek dan risiko perusahaan jangka panjang yang diukur dengan current ratio (CR) dan debt ratio (DR) terhadap return saham pada perusahaan sektor farmasi.
Dalam penelitian ini, peneliti mengungkapkan sebuah hipotesis yaitu diduga secara simultan dan parsial profitabilitas dan risiko perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap return saham pada perusahaan sektor farmasi.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan risiko perusahaan terhadap return saham adalah analisis regresi berganda, Uji-t dan Uji-F. Uji t digunakan untuk mengetahui variabel independen mempunyai pengaruh yang signifikan atau tidak terhadap variabel dependen. Sedangkan Uji F digunakan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh seluruh variabel independen terhadap variabel dependen.
Dari uji F dapat diketahui bahwa secara simultan profitabilitas dan risiko perusahaan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham pada perusahaan sektor farmasi periode pengamatan 2001-2003. hal ini terbukti dengan tingkat signifikansinya yang tinggi (diatas 0,05). Dari uji parsial dengan uji t diketahui bahwa ROI, CR, DR tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Selanjutnya dari koefisien determinasi diperoleh R sebesar 7,9%. Ini berarti model yang digunakan mampu untuk menjelaskan keadaan yang sebenarnya sebesar 7,9% dan sisanya 92,1% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model.
Dari analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan dan parsial profitabilitas (ROI) dan risiko perusahaan (CR, DR) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham pada perusahaan sektor farmasi.

 

Keyword : ANALISIS; PROFITABILITAS; BEJ

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/104/jiptummpp-gdl-s1-2005-yulidwihan-5169-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


ANALISIS; PROFITABILITAS; BEJ