ANALISIS PENGARUH LUAS PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEJ TERHADAP REAKSI INVESTOR

Min Rohmatillah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian empiris mengenai pengaruh luas pengungkapan laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) terhadap reaksi investor.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana pengaruh luas pengungkapan laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di BEJ terhadap reaksi investor yang tercermin dalam volume perdagangan diluar normal.
Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah diduga luas pengungkapan laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di BEJ berpengaruh secara signifikan terhadap reaksi investor.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan uji hipotesis yaitu uji t (T test) dengan tingkat signifikansi (α ) adalah 5%.
Pengambilan sampel menggunakan metode purposif sampling, dan sampel yang diambil berjumlah 30 perusahaan.
Hasil analisis menggunakan SPSS for windows ver 10.0 menunjukkan Y = -0.007113 + 0.0107X, artinya setiap tambahan 1 nilai pengungkapan akan menurunkan reaksi investor yang tercermin dari volume perdagangan diluar normal sebesar 0.0107.
Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa < yaitu 1.709 < 2.0452, maka hipotesi nol (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Hal ini berarti bahwa variabel luas pengungkapan tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap reaksi investor. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini tidak terbukti.

 

Keyword : ANALISIS; LAPORAN KEUANGAN; BEJ

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/104/jiptummpp-gdl-s1-2005-minrohmati-5177-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


ANALISIS; LAPORAN KEUANGAN; BEJ