ANALISIS MODEL INDEKS TUNGGAL DALAM RANGKA PEMILIHAN PORTOFOLIO SAHAM YANG OPTIMAL (STUDI PADA SAHAMSAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX YANG TERDAFTAR DI BEJ)

Hetty Ulfiah

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada saham-saham Jakarta Islamic Index yang tercatat di Bursa Efek Jakarta selama periode Januari 2003 sampai dengan Desember 2004 dengan judul ?Analisis Model Indeks Tunggal Dalam Rangka Pemilihan Portofolio Saham Yang Optimal (Studi Pada Saham-Saham Jakarta Islamic Index Yang Terdaftar Di BEJ)?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saham-saham mana saja yang termasuk dalam portofolio optimal dari saham-saham yang diteliti selama periode 1 Januari 2003 sampai dengan 31 Desember 2004, khususnya saham yang tergolong dalam Jakarta Islamic Index.
Dalam penelitian ini, digunakan 11 saham yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index sebagai sampel. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model indeks tunggal guna menentukan saham-saham mana saja yang termasuk dalam portofolio optimal. Rumus yang digunakan adalah rumus Ri yaitu return saham tiap bulan, Rmt adalah tingkat pengembalian pasar, E(Ri) adalah tingkat pengembalian rata-rata saham individual, Rвr adalah return bebas risiko, βi adalah beta saham, ERB adalah selisih antara tingkat keuntungan yang diharapkan dengan return bebas risiko yang diukur dengan beta, C* adalah cut off point, Wi adalah proporsi tiap saham portofolio, E(Rp) adalah return ekspektasi portofolio, δp adalah risiko portofolio.
Hasil perhitungan dengan menggunakan model indeks tunggal maka dapat diketahui ada 5 saham yang termasuk dalam dalam portofolio optimal yaitu Timah Tbk, United Tractors Tbk, Gajah Tunggal Tbk, Semen Cibinong Tbk, Indocement Tunggal Prakasa. Saham yang termasuk portofolio optimal yang terletak pada efficient frontier adalah United Tractors Tbk dan Indocement Tunggal Prakasa. Saham United Tractors Tbk yang memberikan keuntungan terbesar. Saham United Tractors Tbk memperoleh proporsi dana investasi terbesar yaitu 33,84% sedangkan saham Indocement Tunggal Prakasa Tbk memperoleh proporsi dana investasi terkecil yaitu 12,24%.
Berdasarkan analisis diatas investor memiliki 2 kemungkinan investasi tergantung pada preferensi dan keinginanya yaitu : bagi investor yang menyukai risiko dan ingin berinvestasi pada berbagai saham mereka dapat berinvestasi pada 5 saham yang terpilih dalam rangkaian portofolio optimal, bagi investor yang bersifat konservatif dan cenderung menghindari risiko mereka dapat melakukan investasi hanya pada 2 saham yang berada pada garis Efficient Frontier.

 

Keyword : ANALISIS; MODEL INDEKS TUNGGAL; PORTOFOLIO SAHAM

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/104/jiptummpp-gdl-s1-2005-hettyulfia-5182-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


ANALISIS; MODEL INDEKS TUNGGAL; PORTOFOLIO SAHAM