EVALUASI PENGENDALIAN INTERN ATAS PELAKSANAAN PEMUNGUTAN DAN PENYETORAN RESTRIBUSI PARKIR PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA MALANG

DIANA KOERNIAWATI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Dinas Perhubungan Kota Malang dengan judul ?Evaluasi Pengendalian Intern Atas Pelaksanaan Pemungutan dan Penyetoran Retribusi Parkir Pada Dinas Perhubungan Kota Malang?.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan perparkiran yang dilaksanakan Dinas Perhubungan serta mengetahui apakah Sistem Pengendalian Intern Atas Pelaksanaan Pemungutan dan Penyetoran Retribusi Parkir sudah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan teori yang ada.
Alat analisa yang digunakan adalah analisa kualitatif yakni analisa yang digunakan untukmengukur tingkat efektivitas pengendalian intern. Aspek-aspek yang dianalisa adalah sistem pemungutan dan penyetoran Retribusi Parkir, untuk mengetahui efektivitas menggunakan analisa perbandingan yaitu analisa yang membandingkan antara Realisasi dan Target pada setiap tahunnya dalam prosentase, serta menganalisa Elemen-elemen Pengendalian Intern, diantaranya Analisa Struktur Organisasi, Sistem Organisasi dan Prosedur Pencatatan, Praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsinya serta karyawan yang cakap.
Hasil penelitian bahwa apa yang diterapkan oleh Dinas Perhubungan Kota Malang terhadap pelaksanaan sistem pemungutan dan penyetoran Retribusi Parkir masih sangat sederhana, sehingga banyak juru parkir yang mempermainkan tarif parkir dan pemakaian karcis parkir yang berulang. Dari analisis perbandingan antara realisasi penerimaan retribusi parkir dan penerimaan retribusi parkir yang diharapkan belum tercapai secara optimal. Sistem Pengendalian Intern yang dilakukan Dinas Perhubungan sudah berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat pada Struktur Organisasi Dinas Perhubungan sudah memisahkan tanggungajawab fungsional secara tepat, sedangkan untuk sistem otorisasi an prosedur pencatatan ada sedikit kelemahan yaitu tidak adanya bukti fisik pemungutan Retribusi (bonggol karcis) tidak disertakan dan tidak adanya jurnal yang mencatat semua transaksi yang terjadi dan untuk praktek yang sehat dan karyawan yang cakap di Dinas Perhubungan sudah terlaksana dengan baik.
Berdasarkan pada kesimpulan di atas penulis dapat memberikan implikasi bahwa sebaiknya Dinas Perhubungan lebih mengintensifkan pengawasan yang dilakukan terhadap pelaksanaan Pemungutan dan Penyetoran Retribusi Parkir, selain itu Dinas Perhubungan perlu meningkatkan kualitas personil intern organisasi dan juru parkir sehingga dapat meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugasnya.

 

Keyword : EVALUASI; RESTRIBUSI PARKIR

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/104/jiptummpp-gdl-s1-2005-dianakoern-5186-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


EVALUASI; RESTRIBUSI PARKIR