STUDI KELAYAKAN PROYEK DALAM RANGKA PERLUASAN USAHA (EKSPANSI) PT. HARAPAN SHOLEHUTAMA BAROKAH DI DESA GONDANGLEGI KULON KECAMATAN GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG

Whice Yulianita AP

Abstract


Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif pada Perusahaan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha penggemukan sapi potong dengan judul ?.Studi Kelayakan Proyek Dalam Rangka Perluasan Usaha (Ekspansi) PT. HARAPAN SHOLEHUTAMA BAROKAH di Desa Gondanglegi Kulon, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan/menguji kelayakan perluasan usaha proyek PT. HARAPAN SHOLEHUTAMA BAROKAH ditinjau dari aspek pemasaran, aspek teknik, aspek organisasi dan manajemen, aspek sosial ekonomi, aspek hukum dan aspek keuangan.
Alat analisis yang digunakan sebagai dasar penilaian kelayakan perluasan usaha proyek PT. HARAPAN SHOLEHUTAMA BAROKAH yaitu Analisis Cost of Capital (Biaya Modal), Analisis Penilaian Kelayakan Investasi meliputi analisis terhadap aspek pemasaran sebagai pendukung dengan menghitung ramalan penjualan perusahaan, market share dengan metode Trend Linier, Analisis Aspek Keuangan dengan perhitungan ARR, Payback Period, Net Present Value (NPV), IRR (Internal Rate of Return), Metode Benefit Cost Ratio (BCR).
Hasil penghitungannya adalah sebagai berikut :
1. Analisis terhadap aspek pemasaran.
Digunakan untuk mengetahui bagaimana perkembangan market share yang dikuasai oleh perusahaan setelah dilakukan perluasan usaha. Diketahui bahwa penjualan perusahaan untuk 5 tahun mendatang mengalami peningkatan tiap tahunnya.
2. Analisis terhadap aspek finansial.
Digunakan untuk mengetahui besarnya keuntungan yang diperoleh setelah perluasan usaha dan untuk menutup Initial Investment uang yang telah dikeluarkan. Diketahui bahwa Payback Period lebih cepat dari jangka waktu pinjaman .
Dari hasil perhitungan ini maka dapat disimpulkan bahwa rencana perluasan usaha layak dilakukan jika ditinjau dari aspek pemasaran, sehingga perusahaan tersebut akan mampu memenuhi seluruh permintaan.
Ditinjau dari aspek keuangan, rencana perluasan usaha layak dilaksanakan karena hasil yang didapat menguntungkan perusahaan.
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis mengimplikasikan bahwa perusahaan layak melakukan perluasan usaha. Dalam mengambil keputusan investasi sebaiknya menggunakan metode NPV dan IRR karena memperhatikan nilai waktu uang.

 

Keyword : STUDI KELAYAKAN PROYEK; EKSPANSI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/104/jiptummpp-gdl-s1-2005-whiceyulia-5192-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


STUDI KELAYAKAN PROYEK; EKSPANSI