PENGENDALIAN INTERN ATASPELAKSANAAN PEMUNGUTAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH (Studi kasus pada dinas pendapatan daerah kota Blitar)

Fajri Rahmat

Abstract


Pajak Hotel Dan Restoran adalah pungutan yang dikenakan atas pelayanan yang dilakukan hotel/dan atau restoran. Pajak hotel dan restoran ini merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah yang memiliki potensi besar dalam memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah. Di Wilayah pemerintahan Kota Blitar, pajak hotel dan restoran dikelola oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sistem dan prosedur pemungutan Pajak Hotel dan Restoran sudah diterapkan secara baik atau belum dan untuk mengetahui sistem pengendalian intern atas pelaksanaan pemungutan Pajak Hotel dan Restoran yang diterapkan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Blitar. Sifat penelitian ini adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan pemungutan pajak hotel dan restoran telah mencerminkan pengendalian intern yang cukup baik. Namun demikian masih ditemukan beberapa permasalahan, yaitu : Tidak adanya penegasan terhadap fungsi dan tugas kepada masing-masing staf pada seksi penetapan dan penyelesaian keberatan, permasalahan dalam kebijakan dan praktik SDM, penyimpanan atas catatan yang kurang memadai.
Hal-hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kelemahan tersebut adalah :
Segera memberikan penegasan terhadap fungsi dan tugas kepada masing-masing staf, penetapan kebijakan dan praktik SDM dengan tegas dan disesuaikan dengan kebutuhan Dipenda, menambah jumlah tempat penyimpanan catatan.

 

Keyword : Pengendalian Intern; Pajak Hotel dan Restoran

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/104/jiptummpp-gdl-s1-2005-fajrirahma-5195-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Pengendalian Intern; Pajak Hotel dan Restoran