ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMUNGUTAN RETRIBUSI PASAR UNTUK MENCAPAI EFEKTIVITAS PENERIMAAN PENDAPATAN DINAS PASAR KABUPATEN MALANG

Lilik Setyaningsih

Abstract


Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif, yaitu penulis memaparkan dan melaporkan dari apa yang penulis teliti pada Kantor Dinas Pasar Kabupaten Malang dengan judul: ?Analisis Pengendalian Intern Pemungutan Retribusi Pasar Untuk Mencapai Tingkat Efektivitas Penerimaan Pendapatan Dinas Pasar Kabupaten Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sistem pengendalian intern yang telah ditetapkan terhadap pemungutan retribusi pasar sudah baik serta untuk mengetahui apakah sistem pengendalian intern pemungutan retribusi pasar sudah mencapai tingkat efektifitas penerimaan pendapatan Dinas Pasar.
Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif atau dengan uraian dengan metode kualitatif dan analisis efektivitas. Aspek-aspek yang dianalisis adalah struktur organsasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tepat, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi , serta karyawan yang cakap. Sedangkan tolak ukur untuk menentukan efektivitas pemungutan retribusi pasar yaitu apabila efektivitas menunjukkan angka lebih besar sama dengan 100 (100) maka pemerintah daerah telah melaksanakan efektivitas pemungutan retribusi pasar .
Hasil penelitian bahwa apa yang diterapkan pada Dinas Pasar Kabupaten Malang dalam struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tepat dan sistem otorisasi dan prosedur pencatatan telah sesuai dengan teori yang ada, sedangkan praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi belum sesuai dengan teori yang ada, hal ini dibuktikan dengan tidak adanya keharusan dalam pengambilan cuti. Untuk karyawan yang cakap juga belum sesuai dengan teori yang ada. Kemudian untuk penerimaan pendapatan retribusi pasar pada Dinas Pasar selalu berada pada angka diatas 100%.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa sistem pengendalian intern pemungutan retribusi pasar di Dinas Pasar Kabupaten Malang sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan aturan yang ada sedangkan untuk penerimaan retribusi pasar juga sudah mencapai efektivitas akan tetapi masih perlu adanya penambahan petugas pemungut, peningkatan kualitas para pegawai dengan meningkatkan ketrampilan bagi setiap aparatur Dinas Pasar agar lebih profesional dalam melaksanakan tugas-tugasnya, dan peningkatan kondisi fisik pasar.

 

Keyword : ANALISIS; RETRIBUSI PASAR


Keywords


ANALISIS; RETRIBUSI PASAR