PENGARUH NET PROFIT MARGIN, ASSETS TURN OVER, SALES GROWTH, DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS (RETURN ON ASSETS) PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG LISTING DI BEJ

ABDULLAH ALI AKBAR

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian studi empiris pada 8 perusahaan makanan dan minuman yang listing di BEJ selama empat tahun meliputi periode tahun 2000-2003 dengan judul ?Pengaruh Net Profit Margin, Assets Turn Over, Sales Growth dan Financial Leverage Terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Listing di BEJ?. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis uji F dan uji t.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel-variabel Net Profit Margin, Asset Turn Over, Sales Growth dan Financial Leverage terhadap ROA dan variabel manakah yang mempunyai pengaruh paling kuat (dominan) terhadap ROA.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil dua hipotesis, yaitu: bahwa variabel-variabel (NPM, ATO, Sales Growth, dan Financial Leverage) secara serempak dan parsial berpengaruh secara sigifikan terhadap ROA; dan variabel Net Profit Margin mempunyai pengaruh paling dominan terhadap ROA.
Berdasarkan hasil regresi berganda dapat diketahui bahwa nilai Fhitung = 57.628 lebih besar dibanding dengan nilai Ftabel (0.05;42,7) = 2.73. hal ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama diterima (terbukti). Hasil uji statistik (uji t) diketahui (1) variabel Net Profit Margin (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel ROA, besarnya pengaruh variabel Net Profit Margin terhadap ROA adalah 74,3 %. (2) variabel Asset Turn Over (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel ROA, besarnya pengaruh variabel Asset Turn Over terhadap ROA adalah 7,6 %. (3) variabel Sales Growth (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel ROA, besarnya pengaruh variabel Sales Growth terhadap ROA adalah 37,8 %. (4) variabel Financial Leverage (X4) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel ROA, besarnya pengaruh variabel Financial Leverage terhadap ROA adalah 0.7 %. Variabel Net Profit Margin merupakan variabel yang paling kuat atau dominan pengaruhnya terhadap variabel terikat (ROA).
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya investor perlu memahami dan menganalisis besarnya tingkat profitabilitas (ROA) masa lalu yang dihasilkan oleh perusahaan serta indikator-indikator yang mempengaruhi besar kecilnya pertumbuhan terutama pada variabel Net Profit Margin. Karena variabel ini yang sangat mempengaruhi tingkat profitabilitas ROA yang mengukur besar kecilnya keuntungan bagi perusahaan.

 

Keyword : Net Profit Margin (NPM); Assets Turn Over (ATO); Sales Growth; Financial Leverage dan Return On Asset (ROA)

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/109/jiptummpp-gdl-s1-2005-abdullahal-5406-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Net Profit Margin (NPM); Assets Turn Over (ATO); Sales Growth; Financial Leverage dan Return On Asset (ROA)