EVALUASI TERHADAP SISTEM PENGELOLAAN ZAKAT DAN INFAQ SEBAGAI PINJAMAN USAHA PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT (Studi Kasus Pada Lembaga Amil Zakat Masjid Raden Patah Unibraw)

HENDRA WAHYU PUJIANTO

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAGZIS) Masjid Raden Patah Unibraw, dengan judul ?Evaluasi Terhadap Sistem Pengelolaan Zakat Dan Infaq Sebagai Pinjaman Usaha Pada Lembaga Amil Zakat ?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana zakat dan infaq yang ada di LAGZIS ketika digunakan sebagai dana amanah produktif investasi (sebagai pinjaman usaha)
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sumber data yang berasal dari internal organisasi LAGZIS itu sendiri, dengan menggunakan teknik analisa deskriptif. Sedangkan penelitian ini sendiri adalah penelitian yang bersifat kualitatif. Dengan menjelaskan semua hal yang terkait dengan pengelolaan zakat, diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi kelangsungan LAGZIS itu sendiri. Karena nantinya LAGZIS dapat dianggap sebagai lembaga keuangan Islam yang bersifat sosial.
Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa LAGZIS Masjid Raden Patah sudah menerapkan pengelolaan dengan baik dan efektif. Namun di sisi lain yang terjadi adalah pelaksanaan dari pengelolaan zakat dan infaq di lapangan mengalami banyak hambatan, antara lain : terbatasnya sumber daya manusia yang ada di lembaga tersebut, terjadinya penunggakan pembayaran terhadap dana amanah sebagai pinjaman usaha oleh mustahiq, kurang berperannya sistem komputerisasi pada setiap aktivitas pencatatan setiap transaksi keuangan yang terjadi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dari masalah-masalah yang ada dalam pengelolaan zakat dan infaq dalam LAGZIS tersebut, jelas akan menghambat dari perkembangan LAGZIS itu sendiri dan seolah-olah LAGZIS tersebut hanya jalan di tempat saja. Sehingga orientasi untuk pengembangan ke arah yang lebih baik dan menjadi salah satu lembaga keuangan Islam yang bersifat sosial menjadi lebih kabur.

 

Keyword : EVALUASI; ZAKAT; INFAQ; LEMBAGA AMIL ZAKAT

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/109/jiptummpp-gdl-s1-2005-hendrawahy-5407-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


EVALUASI; ZAKAT; INFAQ; LEMBAGA AMIL ZAKAT