ANALISA BIAYA LINGKUNGAN PADA RSU. DR. SAIFUL ANWAR MALANG

Indah Dwi Suhartantin

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada RSU Dr. Saiful Anwar Malang dengan judul ?Analisa Biaya Lingkungan pada RSU Dr. Saiful Anwar Malang ?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembiayaan lingkungan dan untuk mengetahui apakah biaya lingkungan di RSU Dr. Saiful Anwar Malang sudah terealisasi secara efisien.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pembiayaan lingkungan dan efisiensi biaya lingkungan yaitu dengan menggunakan analisa data kuantitaf dan analisa data kualitatif. Analisa data kwalitatif yaitu data informasi yang berbentuk uraian atau laporan yang berasal dari rumah sakit yang dikumpulkan dan kemudian dianalisis. Untuk data-data kuantitatif yaitu analisa data yang berupa angka-angka yang kemudian diperbandingkan. Analisa data kuantitatif yang digunakan :
- Analisa selisih (varian)
- Analisa efisiensi
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa masih belum efisiensinya biaya lingkungan ini dikarenakan persentase masih tinggi hampir 100%. Penyebabnya adalah masih adanya peningkatan biaya pada pos-pos tertentu dan adanya biaya yang tidak dianggarkan tetapi ternyata tidak digunakan. Untuk pendapatan yang dihasilkan dari pembakaran sampah medis mengalami peningkatan, tetapi peningkatan pendapatan dibarengi dengan meningkatnya biaya lingkungan dari tahun ke tahun.
Berdasarkan kesimpulan yang peneliti dapat, maka usulan untuk melengkapi lingkungan kekurangan-kekurangan tersebut adalah pihak rumah sakit harus lebih meningkatkan pelaksanaan dan biaya yang telah dianggarkan dan melakukan pengawasan terhadap anggaran-anggaran yang berkaitan dengan adanya pengeluaran biaya dan juga harus adanya penyusunan anggaran biaya yang tepat, biaya yang telah dianggarkan untuk kegiatan tersebut harus benar-benar dimanfaatkan dan karyawan dan petugasss rumah sakit harus lebih meningkatkan efisiensinya kerjanya. Dan pihak rumah sakit harus terus menggali sumber-sumber pendapatan yang ada dengan jalan optimalisasi peralatan canggih atau teknologi yang digunakan.

 

Keyword : Biaya; Lingkungan; Saiful Anwar

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/109/jiptummpp-gdl-s1-2005-indahdwisu-5409-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Biaya; Lingkungan; Saiful Anwar