EVALUASI TERHADAP SISTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT (Studi Kasus pada Bank Jatim Cabang Malang)

EVIE PRASETYANINGTYAS

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Bank Jatim Cabang Malang dengan judul ?Evaluasi Terhadap Sistem dan Prosedur Pemberian Kredit (Studi kasus pada PT Bank Jatim Cabang Malang).?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sistem pengendalian intern pemberian kredit telah dilaksanakan dengan baik dan apakah sudah memenuhi kebutuhan pihak intern bank. Dengan cara menganalisa struktur organisasi PT Bank Jatim Cabang Malang dalam hubungannya dengan pemberian kredit, analisis sistem wewenang dan prosedur yang baik, dan menganalisa karyawan yang cakap.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa struktur organisasi PT Bank Jatim Cabang Malang telah memisahkan fungsi dan tugas secara tepat tapi pada pelaksanaannya terjadi perangkapan tugas. Sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang baik belum memadai terutama dalam pendelegasian tugas dan tanggungjawab, praktek yang sehat dalam pemberian kredit telah dilaksanakan, untuk karyawan yang cakap dirasa sudah cukup hanya perlu meningkatkan mutu karyawan dan lebih memperhatikan pengukuran prestasi kerja.
Dari hasil evaluasi sesuai dengan tolak ukur yang digunakan sistem pengendalian intern pemberian kredit pada PT Bank Jatim cabang Malang belum memenuhi elemen-elemen sistem pengendalian intern yang baik seperti perangkapan tugas, praktek-praktek yang sehat dan mutu karyawan.
Untuk lebih menyempurnakan dan meningkatkan sistem pengendalian intern pemberian kredit pada PT Bank Jatim Cabang Malang penulis menyarankan sebaiknya PT Bank Jatim Cabang Malang perlu mengadakan perputaran jabatan untuk menghindari kejenuhan dalam bekerja.

 

Keyword : EVALUASI; KREDIT; Bank Jatim Cabang Malang

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/109/jiptummpp-gdl-s1-2005-eviepraset-5412-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


EVALUASI; KREDIT; Bank Jatim Cabang Malang