ANALISIS DISKRIMINAN ALTMAN SEBAGAI ALAT UKUR MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN ASURANSI

Nur Ayu Hasana

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif pada perusahaan asuransi yang terdaftar di BEJ dengan judul ?Analisis Diskriminan Altman Sebagai Alat Ukur Memprediksi Kebangkrutan Perusahaan Asuransi?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kategori perusahaan asuransi mana saja yang dapat dikelompokkan dalam perusahaan bangkrut dan perusahaan sehat dengan menggunakan suatu analisis.Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriminan Altman.
Analisis Diskriminan Altman dihitung dengan formula rumus model diskriminan Altman. Analisis diskriminan Altman menggunakan tolak ukur untuk Z-score kurang dari satu koma dua puluh, maka perusahaan masuk dalam kategori kelompok perusahaan bangkrut atau gagal. Sedangkan jika Z-score lebih dari satu koma dua puluh, maka perusahaan dikategorikan dalam perusahaan sehat.
Hasil perhitungan dengan analisis Diskriminan didapatkan bahwa Z yang diteliti rata-rata sehat yaitu empat puluh dua koma lima persen perusahaan masuk dalam kategori bangkrut dan lima puluh tujuh koma lima persen perusahaan masuk dalam kategori sehat. Dengan angka korelasi canonical enam puluh empat persen varians dari variabel sehat dan bangkrut dapat dijelaskan oleh model diskriminan yang terbentuk yaitu X2 (laba ditahan / total asset) dan X5 ( penjualan / total asset). Kombinasi dari dua rasio tersebut mampu mengelompokkan perusahaan asuransi kedalam kategori bangkrut dan kategori sehat dengan ketepatan prediksi sembilan puluh lima persen.
Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan kinerja keuangan pada perusahaan yang masuk kelompok perusahaan bangkrut dan kelompok perusahaan sehat. Berdasarkan penelitian ini penulis dapat mengimplementasikan bahwa sebaiknya pihak manajemen perusahaan asuransi yang masuk dalam kategori bangkrut perlu memperhatikan hasil penelitian ini. Hasil penelitian ini merupakan bahan pertimbangan untuk melakukan pembenahan dan peningkatan kinerja keuangan dengan menekankan pada faktor yang diidentifikasi sebagai penyebab kebangkrutan.

 


Keyword : ANALISIS; DISKRIMINAN ALTMAN; ASURANSI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/109/jiptummpp-gdl-s1-2005-nurayuhasa-5413-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


ANALISIS; DISKRIMINAN ALTMAN; ASURANSI