PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS AKTIVITAS (ACTIVITY BASED BUDGETING) SEBAGAI ALAT PERENCANAAN BIAYA TIDAK LANGSUNG PADA PG GEMPOLKREP MOJOKERTO

Jijid Hawabi

Abstract


Perubahan lingkungan usaha tidak hanya dirasakan oleh industri-industri raksasa ataupun juga lingkungan manufaktur saja. Dengan adanya kemajuan pesat dibidang tehnologi dan semakin beragamnya tuntutan customer menyebabkan semakin tajamnya persaingan yang dirasakan dunia usaha, khususnya dunia dagang. Customer tidak hanya mengutamakan harga dalam permintaan terhadap produk tetapi tingginya volume omzetnya dan kualitas masih memegang peranan penting dalam penyediaan produk disamping harga yang pantas.
Untuk menyediakan value bagi customer, PG Gempolkrep mojokerto dalam melaksanakan aktivitasnya harus memperhatikan keinginan customer. Proses penyusunan anggaran mengarahkan perhatian seluruh personel organisasi ke pencarian berbagai peluang untuk melakukan improvement terhadap sistem. Hal ini untuk mencapai efektivitas kegiatan bisnis perusahaan yang pada gilirannya diharapkan akan menghasilkan financial returns memadai bagi pertumbuhan organisasi.
Melalui penelitian ini penulis mencoba menerapkan konsep anggaran berbasis aktivitas dengan pelaksanaan analisis aktitivitas yaitu pengidentifikasian aktivitas-aktivitas pada PG Gempolkrep Mojokerto, yang kemudian dilanjutkan menentukan aktivitas mana yang bernilai tambah dan aktivitas yang tidak bernilai tambah bagi customer. Dan konsep kedua adalah penerapan ABC System yaitu untuk menentukan biaya produk dengan cara melakukan pembebanan antar aktivitas dengan metode langsung, yang kemudian dilakukan penyusunan anggaran berbasis aktivitas dengan menggunakan metode kuadrat terkesil (least square method).
Pada akhirnya tujuan yang ingin dicapai melalui penerapan konsep anggaran berbasis aktivitas adalah mengarahkan penyusun anggaran dalam menghasilkan target cost reduction selama tahun anggaran. Faktor penting dalam menghasilkan target cost reduction adalah informasi berlimpah tentang aktivitas. Fokus penyusunan anggaran adalah perencanaan aktivitas yang digunakan untuk menghasilkan value bagi customer sehingga penyusun anggaran memperoleh gambaran jelas antara penyebab dengan akibat.

 

Keyword : ANGGARAN BERBASIS AKTIVITAS; ACTIVITY BASED
BUDGETING

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/109/jiptummpp-gdl-s1-2005-jijidhawab-5417-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


ANGGARAN BERBASIS AKTIVITAS; ACTIVITY BASED BUDGETING