FLEKSIBEL BUDGET SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN UNTUK MENCAPAI EFISIENSI BIAYA OVERHEAD PABRIK (Studi Kasus Pada PT Pesona Remaja Malang)

Setia Karniawati

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Pesona Remaja Malang dengan Judul ?Fleksibel Budget Sebagai Alat Perencanaan Dan Pengendalian Untuk Mencapai Efisiensi Biaya Overhead Pabrik Pada PT Pesona Remaja Malang?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kegiatan pengendalian yang dilakukan perusahaan selama ini terhadap biaya overhead pabrik dan mempelajari serta mengevaluasi penggunaan anggaran fleksibel sebagai alat perencanaan dan pengendalian.
Dalam penelitian ini penulis membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh perusahaan dalam pengendalian biaya overhead pabrik yaitu dengan memberikan alternatif diterapkannya anggaran fleksibel dalam pengendalian biaya overhead pabrik.
Alat analisis yang digunakan oleh penulis untuk mengetahui keandalan penerapan anggaran fleksibel sebagai alat pengendalian biaya adalah dengan menggunakan least square method dalam memisahkan biaya semivariabel menjadi biaya tetap dan biaya variabel, dan varians analisis untuk mengukur selisih yang terjadi antara anggaran dan realisasi.
Hasil perhitungan dengan varians analisis terhadap biaya produksi apabila menggunakan anggaran statis adalah sebesar Rp 113.137.100,00. Sedangkan apabila menggunakan anggaran fleksibel dimana dilakukan analisis terhadap tingkah laku biaya dengan mendasarkan pada kapasitas yang mendekati realisasi adalah sebesar Rp 153.100,00.
Dalam analisis tersebut, sesuai dengan tolok ukur yang digunakan, maka penggunaan anggaran fleksibel sebagai alat pengendalian biaya overhead pabrik akan memberikan informasi yang lebih akurat, teliti dan tidak menyesatkan manajemen dalam mengambil keputusan.
Berdasarkan kesimpulan diatas penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT Pesona Remaja Malang menerapkan anggaran fleksibel sebagai alat pengendalian biaya overhead pabrik sehingga membentuk manajemen dalam perencanaan dan pengambilan keputusan.

 

Keyword : FLEKSIBEL BUDGET; BIAYA OVERHEAD

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/109/jiptummpp-gdl-s1-2005-setiakarni-5418-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


FLEKSIBEL BUDGET; BIAYA OVERHEAD