Department of Accounting, 2005

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

Analisis Kelayakan Pembelian Gedung Kantor Studi Kasus Pada PT. ABACUS Distribution System Indonesia

Denny Sigit A.F

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Abacus Distribution System Indonesia, dengan judul "Analisis Kelayakan Pembelian Gedung Kantor Studi Kasus Pada PT. Abacus Distribution System Indonesia".
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui clan memlai apakah rencana investasi pembelian gedung kantor yang akan dilaksanakan atau dijalankan dapat dijalankan atau tidak.
Untuk mengetahui layak atau tidaknya perusahaan dalam melakukan investasi, maka perlu diadakan analisa, yaitu analisa keuangan clan faktor-faktor yang mempengaruhi investasi. Dan analisa keuangan tersebut dapat diketahui bahwa faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan investasi mempunyai nilai tambah bagi perusahaan untuk melakukan ekspansi clan rencana jangka panjang. Untuk itu penulis dapat memberikan pertimbangan clan dorongan pada perusahaan agar perusahaan tetap melaksankan clan mewujudkan investasi tersebut dengan analisa yang diberikan oleh penulis melalui perhitungan clan analisi yang mencakup;
1. Net Present Value
Hasil yang diperoleh dari perhitungan Net Present Value, NPV memiliki nilai lebih dari nol (positif) yaitu sebesar Rp. 32.388.368.749. berarti rencana investasi pembelian gedung PT. ADSI layak di jalankan.

2. Internal Rate of Return
Dan hasil perhitungan, diperoleh IRR sebesar 76%. Dengan biaya modal yang dikenakan pada proyek investasi sebesar 12,25%, maka rencana investasi layak dijalankan, karena IRR lebih besar dari pada Maya modalnya.
3. Modified Internal Rate of Return
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh MIRR sebesar 86,44%. Sehingga bila dibandingkan dengan biaya modalnya sebesar 12,25% maka MIRR
jauh lebih besar dari Cost of Capital. Mengacu pada tolak ukur MIRR, rencana investasi perusahaan layak dilaksanakan.
Saran-saran lain yang mungkin dapat diajadikan bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam aktivitas selanjutnya, yaitu:
1. Dengan adanya investasi gedung baru diharapkan perusahaan dapat lebih mengembangkan usaha dan meningkatkan pelayanan kepada konsumen sehingga dapat menambah profit bagi perusahaan.
2. Dengan adanya gedung baru, perusahaan juga dapat meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan perusahaan lain.

 

Keyword : Analisis Kelayakan; Pembelian Gedung



Abstract: PDF , PS , DOC