EVALUASI PENGELOLAAN KAS YANG OPTIMAL DALAM USAHA MENJAGA LIKUIDITAS DAN MENINGKATKAN RENTABILITAS PERUSAHAAN ( Studi Kasus Pada Perusahaan Tenun Pelangi Lawang)

WARNINGSIH WARNINGSIH

Abstract


Penelitian ini bersifat studi kasus pada Perusahaan Tenun Pelangi Lawang, dengan judul ?Evaluasi Pengelolaan Kas Yang Optimal Dalam Usaha Menjaga Likuiditas Dan Meningkatkan Rentabilitas Pada Perusahaan Tenun Pelangi Lawang?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengelolaan kas dan peran optimalisasi pengelolaan kas dalam menjaga likuiditas dan meningkatkan rentabilitas pada Perusahaan Tenun Pelangi Lawang.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah analisis pengelolaan kas, analisis ratio likuiditas dan analisis ratio rentabilitas. Yang termasuk analisis ratio likuiditas yaitu current ratio, quick ratio dan cash ratio. Sedangkan analisis rentabilitas yang digunakan yaitu rentabilitas ekonomi dan rentabilitas modal sendiri.
Analisis pengelolaan kas digunakan untuk mengetahui seberapa optimal pengelolaan kas yang dilakukan perusahaan pada kas. Alat analisis likuiditas digunakan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan perusahaan dalam membayar hutang-hutangnya, sedangkan analisa rentabilitas digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba atau juga dapat digunakan untuk mengukur optimalisasi penggunaan modal khususnya kas perusahaan.
Dari perhitungan analisis pengelolaan kas tersebut diketahui bahwa pengelolaan kas yang dilakukan perusahaan belum optimal Sehingga hal ini berakibat pada menurunnya tingkat likuiditas dan mengakibatkan hilangnya kesempatan untuk meningkatkan keuntungan (rentabilitas) perusahaan. Dengan adanya permasalahan tersebut dibutuhkan adanya pemecahan masalah untuk meningkatkan tingkat likuiditas perusahaan yaitu dengan cara mengurangi pasiva lancar dengan jalan melakukan pinjaman jangka panjang sekaligus membuat budget kas.
Dari hasil analisis likuiditas dan rentabilitas setelah pembuatan budget kas dan adanya pinjaman jangka panjang diketahui bahwa tingkat likuiditas perusahaan mengalami kenaikan, sedangkan pada posisi rentabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memanfaatkan kas untuk menghasilkan laba bertambah besar, yaitu untuk RE dari 30,53% menjadi 36,87% dan untuk RMI dari 36,16% menjadi 40,19%.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya perusahaan tenun pelangi Lawang dapat menjaga hubungan baik dengan bank, karena dengan begitu tingkat likuiditas, rentabilitas dan nama baik perusahaan dapat terjaga.

 

Keyword : EVALUASI; KAS; LIKUIDITAS; RENTABILITAS


Keywords


EVALUASI; KAS; LIKUIDITAS; RENTABILITAS