PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI UNTUK MENILAI TINGKAT PRODUKTIVITAS PADA PT. CAHAYA MURNI BIG FURNINDO SEMAMPIR - KEDIRI

LENI ENDAHWATI

Abstract


Penelitian ini merupakan deskriptif (studi kasus) dengan judul ?Pengendalian Biaya Produksi untuk Menilai Tingkat Produktivitas pada PT. Cahaya Murni Big Furnindo Semampir Kediri?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem pengendalian biaya produksi perusahaan dan untuk mengetahaui produktivitas jika di ukur dengan pendekatan angka indeks.
Analisis yang digunakan adalah analisis biaya standar dan analisis model pengukuran produktivitas berdasarkan pendekatan angka indeks. Analisis biaya standar yang terdiri dari selisih biaya bahan, biaya kuantitas atau efisiensi, selisih biaya tenaga kerja dan varian biaya overhead pabrik. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian biaya produksi. Analisis model pengukuran produktivitas berdasarkan angka indeks model Mundel. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui berapa ouput yang dihasilkan dengan input yang telah dikeluarkan oleh perusahaan.
Hasil penelitian ini adalah analisis biaya standar yang terdiri dari analisis biaya bahan baku toluene, polyiol, dan H2O tahun 2002-2003 mengalami selisih menguntungkan (F). Selisih biaya bahan penolong katalis dan plastik tahun 2002 selisih menguntungkan (F), methyl dan silicone selisih tidak menguntungkan (UF). Untuk tahun 2003 selisih biaya bahan penolong katalis, methyl, silicone dan plastik selisih menguntungkan )F). Selisih kuantitas bahan atau efisiensi tahun 2002-2003 terjadi selisih menguntungkan (F). Selisih biaya tenaga kerja pada selisih tarip tahun 2002-2003 selisih tidak menguntungkan (F). Variaan biaya overhead pabrik pada tahun 2002-2003 terjadi selisih tidak menguntungkan (UF). Model pengukuran produktivitas berdasarkan pendekatan angka indeks model Mundel, produktivitas mengalami peningkatan dari tahun 2002-2003, mengalami penurunan pada bahan penolong plastik.
Penelitian ini terdapat keterbatasan pada harga bahan baku yang digunakan. Disimpulkan bahwa hasil kinerja perusahaan sudah mengalami perbaikan dan pengendalian biaya produksi masih mengalami beberapa kelemahan. Implikasi atau masukan yang dapat disarankan dan diharapkan bermanfaat adalah perusahaan perlu mengadakan penyempurnaan biaya standar sebelum melakukan proses produksi. Perusahaan dalam menentukan harga bahan baku harus memperhatikan tentang kecenderungan naiknya harga. Untuk meningkatkan produktivitas sebaiknya perusahaan tetap melakukan pengendalian dan pengawasan atau pemantauan terhadap biaya-biaya produksi.

 

Keyword : Produksi; Biaya


Keywords


Produksi; Biaya