Department of Accounting, 2005

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

PENGGUNAAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI PROFITABILITAS DAN RISIKO PERUSAHAAN (Studi pada perusahaan rokok yang listing di BEJ)

INDRAS ADI PURNOMO

Abstract


Penelitian ini merupakan studi deskriptif pada perusahaan rokok yang listing di BEJ yaitu PT. Gudang Garam Tbk, PT. H.M.Sampoerna Tbk dan PT. British American Tobacco Indonesia Tbk, dengan judul ?Penggunaan Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Profitabilitas Dan Risiko Perusahaan (Studi pada perusahaan rokok yang listing di BEJ)?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana tingkat profitabilitas perusahaan rokok yang listing di BEJ dengan menggunakan analisis rasio keuangan,untuk mengetahui sejauhmana tingkat risiko perusahaan rokok yang listing di BEJ dengan menggunakan analisis rasio keuangan dan untuk mengetahui kombinasi antara tingkat profitabilitas dan risiko pada perusahaan rokok yang dilisting di BEJ dan hubungan keduanya.
Hasil perhitungan dengan analisis rasio keuangan secara cross section dan statistic metode pearson product moment dapat diketahui bahwasannya, rasio profitabilitas pada perusahaan rokok yang listing di BEJ, tahun 2001 sampai 2003 mengalami penurunan. Ini menunjukkan bahwa profit yang dihasilkan perusahaan rokok menurun. Rasio risiko jangka pendek pada perusahaan rokok yang listing di BEJ, tahun 2001 sampai 2003 mengalami peningkatan. Ini menunjukkan bahwa perusahaan rokok mampu melunasi kewajiban jangka pendeknya. Rasio risiko jangka panjang pada perusahaan rokok yang listing di BEJ, tahun 2001 sampai 2003 mengalami penurunan. Ini menunjukan bahwa perusahaan rokok mampu melunasi kewajiban jangka panjangnya.
Secara umum hubungan antara profitabilitas dan risiko itu kecil dan arahnya negatif, itu terlihat dari hubungan secara agregrat. Karena profit yang kecil dibandingkan risiko yang didapat lebih besar, ini tidak sesuai dengan teori yang mengatakan profit yang tinggi diikuti risiko yang rendah atau profit yang tinggi diikuti risiko yang besar pula. Secara khusus hubungan antara profitabilitas dan risiko itu besar dan arahnya positif itu bisa dilihat dari hubungan secara parsial. Rata-rata profit dan resiko pada hubungan secara parsial bernilai 0,0438. Gambaran secara parsial ini sesuai dengan teori yang menyatakan profit yang besar diikuti risiko yang besar pula.
Berdasarkan hasil analisis diatas maka dapat disimpulkan bahwa profitabilitas perusahaan rokok yang listing di BEJ mengalami penurunan sedangkan risikonya berubah mengarah kebaikan yaitu mampu melunasi hutang jangka pendek dan jangka panjangnya. Dan mengenai hubungan profitabilitas dan risiko beragam, dikarena ukuran-ukuran profitabilitas dan risiko belum mencerminkan secara jelas.

 


Keyword : LAPORAN KEUANGAN; PROFITABILITAS DAN RISIKO
PERUSAHAAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/99/jiptummpp-gdl-s1-2005-indrasadip-4927-PENDAHUL-N.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC