PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

Anjar Puspita Rini

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat studi empiris dengan mengambil sampel Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta hingga tahun 2003 dengan judul ?Pengaruh Faktor Fundamental terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta?
Analisis fundamental merupakan salah satu alat yang tepat untuk mengidentifikasi apakah perusahaan tersebut layak atau tidak untuk dijadikan obyek investasi bagi investor dengan berdasarkan pada kondisi perusahaan. Faktor fundamental yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: price earning ratio, earning after tax growth, financial leverage, dan dividend payout ratio.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris mengenai pengaruh secara simultan dan parsial antara faktor fundamental dengan return saham.
Teknik Analisis yang digunakan untuk menganalisis pengaruh secara simultan antara faktor fundamental dengan return saham adalah analisis regresi berganda. Model regresi yang digunakan adalah:
Ri = ao + b1PER + b2EAT Growth + b3FL + b4DPR + E
Dan untuk menganalisis pengaruh secara parsial antara faktor fundamental dengan return saham diselesaikan dengan analisis regresi sederhana dengan model regresi antara lain:
1. Ri = ao + b1PER + E
2. Ri = ao + b1EAT growth + E
3. Ri = ao + b1FL + E
4. Ri = ao + b1DPR + E
Agar model persamaan regresi berganda tersebut dapat digunakan dan memperoleh hasil yang representatif, maka harus dapat memenuhi asumsi dasar yaitu tidak terjadi gejala multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedasitas.
Berdasarkan uji secara simultan dapat diketahui bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara price earning ratio, earning after tax growth, financial leverage, dan dividend payout ratio. Dan berdasarkan uji secara parsial hanya variabel price earning ratio saja yang berpengaruh signifikan terhadap return saham, variabel earning after tax, financial leverage, dan dividend payout ratio tidak signifikan sehingga tidak dapat digunakan untuk memprediksi return saham.
Tidak adanya pengaruh antara faktor fundamental dengan return saham disebabkan karena antara lain: perusahaan tidak membagikan dividennya secara kontinyu pada periode pengamatan yaitu tahun 1999-2003, sampel penelitian yang kurang luas, dan faktor ekstern perusahaan yaitu lingkungan seperti situasi ekonomi dan politik dalam negeri yang masih labil dan bergejolak.

 

Keyword : faktor fundamental; price earning ratio; earning after tax growth; financial leverage; dividend payout ratio; return saham; simultan test dan partial test

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/72/jiptummpp-gdl-s1-2005-anjarpuspi-3551-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


faktor fundamental; price earning ratio; earning after tax growth; financial leverage; dividend payout ratio; return saham; simultan test dan partial test