PERHITUNGAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) DAN RESIDUAL INCOME (RI) SEBAGAI ALAT UKUR PRESTASI PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERCATAT DI BURSA EFEK JAKARTA

DENOK ARIE PUSPITA

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif pada perusahaan farmasi yang tercatat di Bursa Efek Jakarta dengan judul ?PERHITUNGAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) DAN RESIDUAL INCOME (RI) SEBAGAI ALAT UKUR PRESTASI PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERCATAT DI BURSA EFEK JAKARTA?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisa prestasi keuangan pada perusahaan farmasi yang tercatat di Bursa Efek Jakarta jika diukur dengan menggunakan Return On Investment (ROI) dan Residual Income (RI) dan untuk mengetahui perusahaan mana yang prestasi keuangan sudah baik bila ditinjau dari Return On Investment (ROI) dan Residual Income (RI).
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menghitung ROI dan RI, dimana data pokok yang diperlukan terdiri dari laporan laba rugi dan neraca. Sedangkan komponen dalam perhitungan RI menggunakan data harga saham, indeks harga saham (IHSG) dan tingkat suku bunga (SBI). Penelitian ini menggunakan 8 sampel perusahaan farmasi yang tercatat di Bursa Efek Jakarta.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan metode ROI pada perusahaan farmasi pada tahun 2000-2003, hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata yang dihasilkan perusahaan farmasi dapat dikatakan kurang baik. Hal ini mungkin disebabkan kurang kemampuan perusahaan dalam menggunakan seluruh aktiva yang diinvestasikan dengan tidak efektif dan efisien. Sedangkan untuk hasil RI yang diperoleh perusahaan farmasi cukup baik dengan menunjukkan rata-rata positif dan cenderung meningkat setiap tahunnya, sehingga perusahaan mampu dalam mengolah modal yang diinvestasikan guna mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Untuk perhitungan ROI dan RI yang diukur prestasi keuangan dengan rata-rata industri dari tahun 2000-2003 menunjukkan bahwa PT. Merck Indonesia, Tbk dan PT. Tempo Scan, Tbk memiliki tingkat ROI dan RI yang lebih baik bila dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Karena perusahaan tersebut menunjukkan nilainya di atas rata-rata industri dan menghasilkan nilai ROI dan RI yang tinggi maka perusahaan itu mampu dalam mengelola investasinya.

 

Keyword : PERHITUNGAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) DAN RESIDUAL INCOME (RI)

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/72/jiptummpp-gdl-s1-2005-denokariep-3558-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


PERHITUNGAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) DAN RESIDUAL INCOME (RI)