ANALISIS KONTRIBUSI MARJIN SEBAGAI DASAR PENENTUAN KOMBINASI PRODUK PADA PT. PESONA REMAJA MALANG

NUNING INDARYATI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT PESONA REMAJA MALANG dengan Judul ?Analisis Kontribusi Marjin Sebagai Dasar Penentuan Kombinasi Produk pada PT PESONA REMAJA MALANG?
Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah untuk mengkaji kegunaan analisis kontribusi marjin dalam penentuan kombinasi produk, kedua untuk mengkaji jenis produk manakah yang mempunyai kontribusi marjin terbesar dan yang ketiga adalah untuk mengkaji tingktat kombinasi produk yang dapat menyumbangkan laba yang optimal bagi perusahaan.
Dalam analisis kontribusi marjin ini, penulis menggolongkan biaya-biaya yang terjadi berdasarkan perilakunya yaitu kedalam biaya tetap, biaya variabel dan biaya semi variabel, karena dalam biaya semi variabel masih terdapat dua unsur biaya, maka diadakan pemisahan biaya semi variabel ke dalam biaya tetap dan biaya variabel dengan menggunakan metode kuadrat terkecil (least square) yang persamaannya sebagai berikut : Y = a + bx
Analisis kontribusi marjin dalam hal ini penulis gunakan untuk menghitung besarnya kontribusi marjin total dan kontribusi marjin masing-masing produk, yang diperoleh dari penjualan masing-masing produk dikurangi biaya variabel yang disebabkan pada masing-masing produk tersebut. Hasil perbandingan kontribusi marjin tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alat bagi pengambilan keputusan manajemen untuk penentuan kombinasi produk.
Dari hasil analisis kontribusi marjin dapat disimpulkan bahwa produk Caesar mempunyai kontribusi marjin tertinggi dibanding dengan yang lain. Dan tingkat kombinasi produk baru yaitu : produk AKO diproduksi sebesar 135-196 unit (36,34%), produk Caesar sebesar 144,414 unit (38,82%) dan produk DNA sebesar 92,437 (24,84%).
Adanya perubahan kontribusi produk baru meningkatkan total kontribusi marjin perusahan sebesar 403,874.320,- (Rp. 4.742.864,- - 4.338.200.544,-) yang juga berakibat meningkatnya laba perusahaan sebesar Rp. 403.874.320,- (Rp. 2.896.251.848,- - 2.492.377.528,-).
Berdasarkan kesimpulan diatas, sebaiknya perusahaan dapat meningkatkan nilai kontribusi marjin bila perusahaan menginginkan laba yang maksimal dengan melakukan pemilihan kombinasi produk yang tepat, disamping itu perusahaan juga perlu memperluas jaringan pemasaran sehingga produk yang diproduksi dapat terjual seluruhnya dan kapasitas produksi yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal.

 

Keyword : Analisis Kontribusi Marjin; Penentuan Kombinasi Produk

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/72/jiptummpp-gdl-s1-2005-nuninginda-3559-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


Analisis Kontribusi Marjin; Penentuan Kombinasi Produk