Department of Accounting, 2005

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN ROKOK YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA

Gunawan Pujiwiyanto

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai kinerja perusahaan rokok yang termasuk dalam LQ-45 dengan judul ?Analisis Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Rokok Yang Listing Di Bursa Efek Jakarta.?
Tujuan penelitian ini adalah membuktikan arti penting analisis kinerja keuangan pada perusahaan, terutama perusahaan rokok yang listing di BEJ dan termasuk dalam LQ-45; selain itu juga membandingkan kondisi ketiga perusahaan yang dijadikan sampel penelitian melalui rasio keuangan.
Alat analisis yang digunakan yaitu rasio-rasio keuangan berupa rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio solvabilitas, dan rasio profitabilitas. Dari perhitungan rasio tersebut kemudian dilakukan analisis perbandingan time-series untuk mengetahui perbandingan perusahaan dari tahun ketahun. Yang terakhir adalah melakukan perbandingan cross-section untuk mengetahui perbandingan ketiga perusahaan tersebut dengan rasio industri.
Dari hasil analisis rasio keuangan, PT. HM. Sampoerna lebih likuid dibanding dua perusahaan lain Tetapi dalam hal kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban keuangan (hutang) jangka panjang PT Gudang Garam lebih unggul dibanding PT .HM. Sampoerna dan PT Bentoel (lebih solvabel). Dalam hal tingkat efektifitas perusahaan PT Bentoel menduduki peringkat pertama menyusul PT .HM. Sampoerna, kemudian PT Gudang Garam. Sedangkan dalam hal efektivitas perusahaan dalam penggunaan sumberdana yang tersedia PT Gudang Garam lebih unggul dari keduanya. Untuk perbandingan cross section, PT. HM. Sampoerna di masa mendatang memiliki kecenderungan berada di posisi rasio industri, sedang PT. Gudang Garam dan PT. Bentoel memiliki kecenderungan dibawah rasio industri yang berarti merupakan ancaman bagi perusahaan di masa mendatang.
Kondisi kinerja keuangan PT. HM. Sampoerna lebih unggul dibanding PT. Gudang Garam dan PT. Bentoel. Melakukan analisa terhadap laporan keuangan sangatlah penting artinya, karena dengan dilakukannya analisa laporan keuangan maka dapat diperoleh informasi yang diperlukan oleh pihak-pihak yang berkepentingan sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi. Selain itu dapat juga diketahui posisi keuangan perusahaan yang bersangkutan serta hasil-hasil yang dicapai lebih terinci dan akurat.

 

Keyword : Analisis Kinerja Keuangan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/72/jiptummpp-gdl-s1-2005-gunawanpuj-3565-Pendahul-n.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC