ANALISIS PERBEDAAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT DI BURSA EFEK JAKARTA

Lestisari Mugiarti

Abstract


Penelitian ini merupakan studi peristiwa pengumuman stock split di Bursa Effek Jakarta, dengan judul ?Analisis Perubahan Volume Perdagangan Saham Sebelum dan Sesudah Stock Split di Bursa Efek Jakarta?
Stock split merupakan fenomena yang membingungkan bagi para analis keuangan. Stock split diyakini hanya sebagai kosmetika saham belaka karena arus kas perusahaan dan proporsi kepemilikan pemegang saham tidak berubah. Meskipun Stock split hanya merupakan kosmetika saja, hal ini sering direaksi oleh pasar. Alasan lain dari adanya reaksi ini tidak dapat dimengerti sepenuhnya. Terdapat banyak kontroversi dalam jurnal dan literatur mengenai efek stock split terhadap pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris apakah terdapat perbedaan volume perdagangan saham secara signifikan sebelum stock split dan volume perdagangan saham sesudah stock split.
Penelitian ini meneliti tiga puluh perusahaan yang melakukan stock split di Bursa Efek Jakarta selama periode Januari 2001 sampai dengan Desember 2003. Uji Wilcoxon Signed Rank Test digunakan untuk menguji apakah terdapat perbedaan volume perdagangan saham sebelum stock split dan volume perdagangan saham sesudah stock split.
Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa volume perdagangan saham menurun sesudah stock split, namun perbedaan ini tidak signifikan. Hal ini tidak sepenuhnya mendukung trading range theory dan signaling theory.

 

Keyword : Stock Split; Volume Perdagangan Saham

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/72/jiptummpp-gdl-s1-2005-lestisarim-3568-Pendahul-n.PDF


Keywords


Stock Split; Volume Perdagangan Saham