EVALUASI PENGENDALIAN BIAYA PEMELIHARAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN EFISIENSI PADA PERUM DAMRI STASIUN MALANG

BOBBY WIJAYA

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif pada Perum DAMRI stasiun Malang dengan judul ?EVALUASI PENGENDALIAN BIAYA PEMELIHARAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN EFISIENSI PADA PERUM DAMRI STASIUN MALANG?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian biaya pemeliharaan yang diterapkan oleh Perum DAMRI agar efisiensi biaya pemeliharaan kendaraan (bus) dapat diketahui.
Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menganalisa unsur-unsur pembentuk biaya pemeliharaan kendaraan, lalu membandingkan anggaran dengan realisasi biaya pemeliharaan, kemudian membandingkan anggaran dengan realisasi jarak tempuh dan kapasitas, setelah itu dihubungkan dengan biaya pemeliharaan untuk mengetahui efisiensinya.
Berdasarkan analisis selisih atas biaya pemeliharaan kendaraan pada Perum DAMRI stasiun Malang, maka dapat diambil beberapa kesimpulan, yaitu:
1.Pengeluaran biaya kendaraan yang dilakukan oleh Perum DAMRI stasiun Malang sudah efisien, hal ini dapat diketahui dari pengeluaran biaya pemeliharaan kendaraan selama kurun waktu 2002-2004 yang selalu mengalami selisih positif, akan tetapi pada pos-pos tertentu masih juga mengalami selisih negatif, yaitu pada anggaran biaya kecelakaan kendaraan dengan realisasinya sebesar Rp. 4.203.000,- dan antara biaya gaji pegawai teknik dengan realisasinya sebesar Rp. 10.704.309,-
2.Jumlah jarak tempuh dan kapasitas kendaraan setiap tahunnya mengalami perubahan yang cukup besar. Seperti pada tahun 2003 yang mengalami kenaikan jumlah biaya pemeliharaan disebabkan adanya peningkatan jarak yang ditempuh kendaraan. Jadi, biaya pemeliharaan yang telah dikeluarkan sudah efisien.
3.Kerugian yang telah dialami oleh Perum DAMRI stasiun Malang disebabkan adanya beberapa hambatan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis dapat memberikan beberapa saran, antara lain:
1.Meningkatkan pengendalian terhadap biaya pemeliharaan kendaraan.
2.Melakukan analisa selisih setiap akhir periode akuntansi.
3.Melakukan peremajaan kendaraan yang sudah berumur cukup tua.

 

Keyword : EVALUASI; EFISIENSI; PERUM DAMRI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/76/jiptummpp-gdl-s1-2005-bobbywijay-3800-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


EVALUASI; EFISIENSI; PERUM DAMRI