EVALUASI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI SEBAGAI DASAR PENETAPAN HARGA JUAL PADA PERUSAHAAN TEGEL INDAH CEMERLANG SINGOSARI MALANG

ENY WIJAYANTI

Abstract


Setiap perusahaan dalam kegiatan operasionalnya bertujuan untuk memperoleh laba yang optimal. Disamping laba sebagai tujuan utama dalam aktivitasnya, perusahaan juga harus mempertahankan kualitas dan kuantitas dari pada produk yang dihasilkan, dikarenakan perusahaan tegel ?INDAH CEMERLANG? memiliki banyak pesaing. Dengan demikian perusahaan harus dapat menetapkan harga jual secara tepat, apabila harga jual yang ditetapkan terlalu tiggi maka perusahaan akan kalah bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis, dan sebaliknya apabila harga jual yang ditetapkan terlalu rendah maka perusahaaan akan mengalami kerugian. Sehubungan dengan hal tersebut maka masalah penentuan harga pokok produksi sangat penting meski penentuan tersebut bukan dasar utama penetapan harga jual karena mekanisme pasar juga bisa mempengaruhi penetapan harga jual, tetapi setidaknya bisa dijadikan patokan dalam menentukan harga jual.
Berdasarkan uraian tersebut diatas mengenai pentingnya peranan penentuan harga pokok produksi yang dijadikan dasar dalam penetapan harga jual, maka penulis melakukan penelitian melalui :
?EVALUASI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI SEBAGAI DASAR PENETAPAN HARGA JUAL PADA PERUSAHAAN TEGEL INDAH CEMERLANG SINGOSARI MALANG?.
Adapun masalah yang ditemukan adalah kurang tepatnya perusahaan dalam menetapkan harga pokok produksi. Dimana terdapat biaya yang seharusnya di bebankan di Biaya Overhead Pabrik sebagai biaya penolong masuk di Biaya Penjualan, biaya penyusutan dan pemeliharaan kendaraan yang seharusnya dibebankan ke Biaya Penjualan masuk ke Biaya Administrasi dan Umum.
Pemecahan masalan yang dilakukan oleh penulis yaitu dengan mengalokasikan masing-masing biaya berdasarkan atas besarnya biaya, serta memisahkanantara biaya produksi dan biaya non produksi dalam penentuan harga pokok produksi. Kemudian menghitung harga jual berdasarkan metode full cost pricing dengan rumus :
Biaya Produksi Total + Margin (Biaya Produksi Total) + Biaya Operasi
Setelah diadakan evaluasi besarnya perhitungan biaya antara penulis dan perusahaan terdapat perbedaan selisih meski tidak signifikan, namun hal ini bisa mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan untuk kedepan melihat persaingan ekonomi saat ini sangat ketat. Untuk itu perusahaan harus benar-benar memperhitungkan apakah pembebanan biaya sudah dilakukan dengan tepat.

 

Keyword : Harga Pokok Produksi dan Harga Jual

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/77/jiptummpp-gdl-s1-2005-enywijayan-3807-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Harga Pokok Produksi dan Harga Jual