ANALISIS PERISTIWA PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 5 APRIL 2004 TERHADAP RETURN SAHAM (STUDI EMPIRIS PADA SAHAM INDEKS LQ 45)

Ana Rahmawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian empiris pada PT. BEJ (Bursa Efek Jakarta) dengan judul ?Analisis Pemilihan Umum Legislatif 5 April 2004 Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Saham Indeks LQ 45)?
Tujuan penelitian adalah untuk menguji perubahan rata-rata abnormal return sahan pada peristiwa pemilihan umum legislatif 5 April 2004.
Hipotesis yang digunakan adalah diduga terdapat perubahan rata-rata abnormal return saham pada peristiwa sebelum dan sesudah pemilihan umum legislatif 5 April 2004.
Alat analisis yang digunakan adalah untuk mengetahui perubahan rata-rata abnormal return dari suatu peristiwa. Dengan cara menghitung selisih pengembalian aktual dengan pengembalian yang diharapkan. Tolak ukur yang digunakan untuk menentukan hasil analisis adalah Jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Jika thitung < ttabel maka Ho diterima.
Hasil perhitungan dengan alat analisis abnormal return adalah nilai rata-rata abnormal return tidak mengalami perubahan dan bernilai negatif. Angka yang bernilai negatif menunjukkan bahwa nilai return ekspektasi lebih besar dari nilai aktual return.
Hasil dari analisis secara statistik adalah tidak signifikan, ini ditunjukkan oleh nilai t-hitung lebih besar dibanding nilai t-tabel. Maka Ho diterima dan Ha ditolak, yang berarti bahwa pelaku pasar modal menyerap informasi sebelum pelaksanaan pemilihan umum legislatif 5 April 2004.
Berdasarkan hasil diatas, penulis mengimplementasikan pelaku pasar modal untuk lebih waspada terhadap informasi yang diterima, baik dari luar maupun dari dalam PT. BEJ (Bursa Efek Jakarta). Hal ini ditunjukkan dengan adanya reaksi pasar pada pelaksanaan pemilu dari nilai rata-rata abnormal return yang negatif.

 

Keyword : Abnormal Return; Pemilu; Pasar Modal

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/84/jiptummpp-gdl-s1-2005-anarahmawa-4159-Pendahul-n.pdf


Keywords


Abnormal Return; Pemilu; Pasar Modal